Parenting

Mengapa Banyak Generasi Muda yang Enggan Punya Anak?

Namun, bagaimana bila generasi muda zaman sekarang lebih memilih untuk tidak memiliki keturunan?

Mengapa Banyak Generasi Muda yang Enggan Punya Anak?
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO - Salah satu alasan banyak pasangan pria dan wanita mengikat janji pernikahan adalah untuk meneruskan keturunan.

Namun, bagaimana bila generasi muda zaman sekarang lebih memilih untuk tidak memiliki keturunan?

Sebuah studi pun dihelat untuk mengungkap fenomena keengganan memiliki keturunan di kalangan generasi muda. Hasilnya, studi bertajuk Cassandra Report: Ages and Stages tersebut menemukan bahwa sepertiga generasi milenial tidak ingin mempunyai anak.

Laporan penelitian tersebut mengungkap bahwa dari 75 juta orang generasi milenial, sekitar 25 juta di antaranya tidak memiliki keinginan untuk memiliki keturunan.

Sementara itu, 22 juta orang pria dan wanita generasi Y sudah memiliki keturunan.

Baca: Jika George dan Amal Clooney Punya Anak, Beginikah Rupanya ...

Studi ini pun menemukan bahwa generasi milenium tak peduli dengan anggapan orang lain. Sebab, 69 persen dari mereka percaya bahwa saat ini tak ada lagi stigma sosial yang terkait dengan keputuasan untuk tidak memiliki anak.

"Prioritas akan bergeser ketika orang menjadi lebih matang dan dewasa, tapi generasi milenium tetap terus melaju tanpa peduli dalam hal apa yang diharapkan dari mereka. Perilaku mereka terhadap prospek menjadi orangtua mengindikasikan keinginan mereka untuk membangun jalan sendiri menuju kebahagiaan," ungkap Joe Kessler, presiden Cassandra global.

Studi ini juga menemukan beberapa hal yang menjadi alasan utama generasi milenium memilih untuk tidak memiliki keturunan.

Sebanyak 34 persen tidak ingin mengorbankan fleksibilitas waktu. Lalu, lebih kurang 32 persen menyatakan bahwa mereka tidak ingin memiliki tanggung jawab sebagai orangtua.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved