Lingkungan

Aneh, Sungai Ini Airnya Berubah jadi Merah Muda

Diduga air sungai Kalikamal yang juga digunakan untuk pengairan lahan pertanian warga berubah warna akibat pencemaran lingkungan dan pengaruh kemarau.

Aneh, Sungai Ini Airnya Berubah jadi Merah Muda
Tribun Jateng/Fajar Eko Nugroho
Warna air Sungai Kalikamal, Brebes, Jawa Tengah, berubah menjadi merah muda alias pink. Diduga perubahan warna ini diakibatkan limbah industri atau tambang. 

TRIBUNKALTIM.CO, BREBES - Sungai Kalikamal yang mengalir ke sekitar Desa Kalikamal, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes Jawa Tengah, tiba-tiba berubah warna menjadi merah muda, Selasa (10/11/2015).

Diduga air sungai Kalikamal yang juga digunakan untuk pengairan lahan pertanian warga berubah warna akibat pencemaran lingkungan dan pengaruh kemarau.

Keadaan Sungai Kalikamal itu membuat petani di sekitar sungai merasakan dampaknya. Akibat perubahan warna itu mereka tidak dapat menggunakan air sungai untuk pengairan lahan pertanian mereka.

Lalu apa sebenarnya penyebab berubahnya warna air di Sungai Kalikamal itu?

Pakar lingkungan Universitas Diponegoro Prof Sudharto P Hadi Phd, mengatakan, jika dilihat dari warnanya maka patut diduga air sungai itu sudah tercemar limbah.

Jika air sungai berwarna merah muda, putih susu atau hitam bisa jadi air sungai tersebut dicemari limbah industri atau tambang.

Baca: Fenomena Ribuan Ikan Mati, Polisi Selidiki Pencemaran Sungai ...

Namun jika air sungai berwarna coklat itu bisa saja hal itu disebabkan sedimentasi tanah. Jika penyebabnya sedimentasi tanah maka tidak akan berdampak bagi lingkungan selain masalah pendangkalan sungai.

"Hanya saja kalau memang benar itu limbah tambang, tentu dampaknya besar buat pertanian sekitar seperti mengurangi kesuburan tanah hingga membuat gagal panen," ujarnya, Selasa (10/11/2015).

Meski demikian, Sudharto menegaskan, diperlukan uji laboratorium lebih lanjut, jangan hanya mendasarkan dugaan dari bau dan pekatnya warna air, meski keduanya bisa menjadi indikasi ambang batas cemaran.

Yang perlu dilakukan masyarakat sekitar adalah melaporkan masalah ini kepada Badan Lingkungan Hidup dan meminta untuk meninjau dan mendeteksi hingga ke hulu sungai.

Jika sumber yang menyebabkan perubahan warna itu sudah ditemukan maka penyebab perubahan warna itu bisa diketahui dan ditangani. (Tribun Jateng)

***

  Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim


Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved