Sinopsis Film

The Hunger Games:Mockingjay-Part 2: Akhir Petualangan Katnis Everdeen

Film ini berkisah tentang penyerangaan ke pusat pemerintahan Presiden Snow yang dipimpin oleh Katniss Everdeen.

The Hunger Games:Mockingjay-Part 2: Akhir Petualangan Katnis Everdeen
NE
Hunger Games: Mockingjay-Part2 

TRIBUNKALTIM.CO - THE Hunger Games: Mockingjay-Part 2 merupakan kisah kelanjutan dari Mockingjay-Part 1. Sekadar mengingatkan kembali cerita di film sebelumnya, Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) bersama Prim (adiknya) dan teman-temannya Finnick Odair serta Gale Hawthorne merasa enggan menyesuaikan diri dengan kehidupan yang sangat kaku di bawah tanah, Distrik 13. Tempat ini menjadi markas ujung tombak pemberontakan di Panem. Katniss setuju untuk berperan menjadi "The Mockingjay"-simbol pemberontakan-tapi hanya dengan syarat Presiden Distrik 13 Alma Coin berjanji untuk memberikan kekebalan kepada semua peserta Hunger Games di masa lalu, termasuk Peeta Mellark, Annie Cresta (kekasih Finnick), serta diizinkan secara pribadi untuk membunuh Presiden Panem, Presiden Snow.

Di Part 1, diceritakan juga Distrik 13 sukses melakukan upaya penyelamatan terhadap para peserta Hunger Games, termasuk Peeta dan Annie. Tapi Peeta berusaha membunuh Katniss saat mereka bertemu kembali. Terapi dapat memperbaiki kondisi psikologis Peeta dari waktu ke waktu, tapi ia tetap dalam kondisi hilang ingatan dan cenderung menjadi tidak ramah terhadap Katniss.

BACA JUGA: The Hunger Games: Mockingjay part 1

Di Part 2, film ini berkisah tentang penyerangaan ke pusat pemerintahan Presiden Snow. Gale mengajukan strategi kontroversial yaitu membom Distrik 2 dan mengambinghitamkan Capitol. Presiden Coin menugaskan Katniss dan tim Propo untuk melakukan tugas ke Capitol bersama Peeta.
Coin bermaksud mengantisipasi keberadaan Katniss yang tidak dibutuhkan lagi jika perang sudah berakhir. Coin yang tidak percaya terhadap Katniss berharap Katniss dibunuh oleh Peeta yang kondisinya tidak stabil.

Sementara itu, terjadi perang antarkota yang masif, yang juga melibatkan permainan Hunger Games, seperti monster dan perangkap-perangkap. Banyak rekan Katniss yang tewas, termasuk Finnick.
Akhirnya Katniss masuk sendiri menuju rumah Presiden Snow yang dikelilingi oleh anak-anak pengungsi Capitol yang digunakan sebagai tameng untuk melindungi Snow. Saat Katniss mencapai rumah, sebuah parasut turun ke arah anak-anak dan meledak. Para petugas medis dari pasukan pemberontak berusaha membantu anak-anak yang terluka, namun parasut lanjut meledak lagi, menewaskan Prim dan membuat Katniss menjadi sangat murka.

Kendati Katniss dan para pemberontak memenangkan peperangan, Katniss mengalami stres karena adiknya, Prim, tewas.
Namun, Katniss tetap bersiap untuk membunuh Presiden Snow yang berhasil ditangkap. Snow yang menunggu eksekusi memberitahu bahwa Coin lah yang mengatur kematian Prim. Ia mengingatkan Katniss bahwa mereka memiliki janji di masa lalu untuk tidak saling berbohong satu sama lain. Snow meyakinkan Katniss bahwa serangan bom udara itu tidak memiliki tujuan untuk menyelamatkan dirinya. Tiba-tiba Katniss menyadari dengan ngeri bahwa serangan pesawat pemboman (parasut) mirip dengan strategi pemboman Distrik 2 yang diajukan oleh Gale. Katniss menjadi semakin curiga bahwa ada konspirasi di belakangnya.

BACA JUGA: Film Hunger Games Berakhir, Jennifer Lawrence Sedih Berpisah

Presiden Coin mengusulkan sebuah ide kepada sebagian peserta Hunger Games yang masih hidup, termasuk Katniss, untuk mendukung usulannya menghukum Capitol dengan cara seperti Capitol menghukum Distrik. Yakni mengadakan Hunger Games untuk anak-anak pemimpin Capitol. Sebelum Coin mengatur acara ini, tibalah hari eksekusi Snow dimana Katniss diberi hak untuk menjalankan eksekusi. Saat bersiap melakukannya, Snow berkedip dan tesenyum. Apa makna dari kedipan dan senyum Snow? Apakah Snow akan tewas dieksekusi Katniss. Apakah memang benar ada konspirasi di internal pemberontak yang tidak diketahui Katniss?
Pastinya, di ujung cerita, film ini akan berakhir manis. Hunger Games tetap akan digelar setiap tahun di negeri itu, kendati dengan tujuan berbeda. Penasaran? Tonton langsung filmnya di bioskop favoritmu. (sfbt/berbagaisumber)

The Hunger Games: Mockingjay-Part 2
Sutradara: Francis Lawrence
Penulis Skenario: Danny Strong, Peter Craig
Penulis Novel: Suzanne Collins
Pemain: Jennifer Lawrence, Natalie Dormer, Liam Hemsworth, Josh Hutcherson

***

  Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Rita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved