Klinik Kesehatan

Hati-hati Sering Keputihan Bisa Menghambat Kehamilan

Saya selalu keputihan Dok, apakah ini bisa menghambat kehamilan?

Hati-hati Sering Keputihan Bisa Menghambat Kehamilan
NET
ILUSTRASI 

PUNYA pertanyaan soal kesehatan fisik ataupun psikis?Pertanyaan Anda akan dijawab oleh ahlinya. Pertanyaan bisa dikirim melalui email/ WhatsApp redaksi Tribun Kaltim, seperti yang tertera di atas rubrik ini atau email ke red.minggu@gmail.com dengan subjek KLINIK KESEHATAN.

TRIBUNKALTIM.CO - Dok ,mau tanya apakah keputihan bisa menghambat kesuburan?Karena saya selalu keputihan? Jika benar bagaimana menghindari keputihan? Dan apa sebab keputihan tolong penjelasannya Dok. Terima kasih, Fina Bontang.

BACA JUGA: Anak Susah Lepas dari Dot Lama, Ini Dia Solusinya


Oleh dr Ruly Widagdo, SpOG
Dokter RS Restu Ibu Balikpapan

Jawaban
Benar, keputihan bisa menghambat kesuburan. Karena reaksi dari keputihan dapat membunuh sel sperma yang akan masuk ke dalam rahim. Supaya tidak terjadi keputihan saya sarankan mengonsumsi makanan seperti buah dan sayur.
Lalu hindari makanan yang mengandung pengawet dan fetsin. Kedua bahan tersebut dapat memicu keluarnya keputihan dengan cepat. Cuci vagina Anda dengan laksid atau air matang dan kurangi penggunaan pakaian ketat. Penggunaan pakaian ketat juga dapat memicu terjadinya infeksi penyebab keputihan.
Jika lama- kelamaan tidak ditangani keputihan yang bersarang di dalam vagina akan memicu terjadinya kanker rahim.

Sebagai informasi tambahan vagina memang sangat rentan terhadap beberapa penyakit. Pola hidup yang tidak sehat, perubahan aktivitas dan stress akan menyebabkan vagina Anda keputihan. Penyebab keputihan biasanya dikarenakan jamur , bakteri, virus dan parasit. Meskipun keputihan memiliki banyak jenisnya,akan tetapi hal itu sangat berbahaya apalagi kuman menyerang serviks. Pencegahan dini merupakan solusi awal untuk anda mengatasi keputihan.

BACA JUGA: Bagaimana Cara Menghindari Infeksi TORCH saat Hamil

Jagalah selalu kebersihan vagina Anda. Bersihkan vagina dengan cara yang tepat, bersihkan dari arah depan ke belakang (dari arah vulva ke anus) hal ini untuk menghindari kuman yang menempel di anus ke vagina. Selain itu menghindari stres, olahraga teratur dan pola makan seimbang juga bisa mengatasi keputihan. Yang paling penting segera periksakan ke dokter, bila keputihan Anda sudah mengganggu dan berlangsung lama. (*)

Salurkan Keluhan atas Pelayanan Umum Melalui Hotline Public Service

Halaman
12
Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved