Masa Depan Industri Sawit di Indonesia Tengah Dibahas

Indonesia adalah negara penghasil minyak sawit terbesar dan menguasai pangsa pasar minyak nabati di dunia. Bagaimana masa depan industri ini?

Masa Depan Industri Sawit di Indonesia Tengah Dibahas
tribun kaltim/januar alamijaya
Ilustrasi. Panen sawit yang dilakukan petani koperasi harapan baru di desa Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur.

tribunkaltim.co - Indonesia adalah negara penghasil minyak sawit terbesar dan menguasai pangsa pasar minyak nabati di dunia. Bagaimana masa depan industri ini? Selama tiga hari ke depan, Gabungan Pengusaha Kepala Sawit Indonesia (Gapki) menggelar Indonesian Palm Oil Conference yang ke-11 di Denpasar, Bali. Di ibu kota Provinsi Bali itulah, masa depan industri minyak sawit di Indonesia menjadi topik pembicaraan sepanjang tiga hari sejak Rabu (25/11/2015).

BACA JUGA: 150 Hektar Lahan Sawit Nyaris Gagal Panen karena Bibit Palsu

Catatan dari Wakil Ketua GAPKI merangkap Ketua Panitia Penyelenggara IPOC 11, Mona Surya di Jakarta, Selasa (10/11/2015), menunjukkan tema yang akan diangkat adalah The Fund and The Future of Palm Oil Industry.

Selain wadah diskusi, menurut Mona, gelaran IPOC juga diproyeksikan menjadi ajang bagi para pelaku usaha guna memperluas jaringan usaha dan mempromosikan sawit Indonesia hingga pada meningkatkan aktivitas perdagangan.

BACA JUGA: Ditemukan Hotspot di Area Perkebunan, PPNS Harus Bertindak

Catatan juga menunjukkan bahwa akan hadir 1.500 peserta dari 30 negara pada IPOC ke-11 tersebut. Menurut rencana, Wakil Presiden Jusuf Kalla bakal membuka konferensi. Wapres juga akan menjadi pembicara kunci bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

Selain konferensi, Gapki juga menyelenggarakan turnamen golf dan pameran industri kelapa sawit yang memamerkan produk, teknologi terkini, dan jasa terkait. Sebagai informasi, Indonesia saat ini telah menjadi negara penghasil minyak sawit terbesar dan menguasai pangsa pasar minyak nabati di dunia sebesar 38 persen. (*)

 Sumber: Kompas.com

***

Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim

Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved