Lingkungan

Inilah Empat Orangutan yang Dikembalikan ke Habitatnya

Keempat orangutan tersebut antara lain Joni (7) dan Hanung (9) berjenis kelamin jantan, serta Teresa (7) dan Bungan (9) berjenis kelamin betina.

HO/BOSF Samboja Lestari
Inilah empat orangutan yang dilepasliarkan, Dari kiri ke kanan: Joni, Hanung, Teresa, dan Bungan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - BOSF Samboja Lestari akhirnya melepasliarkan empat individu orangutan (Pongo pyemeus) yang dirawat di Pusat Rehabilitasi, Selasa (1/12/2015).

Keempat orangutan tersebut antara lain Joni (7) dan Hanung (9) berjenis kelamin jantan, serta Teresa (7) dan Bungan (9) berjenis kelamin betina. Berikut profil keempat orangutan tersebut:

1. Joni
Orangutan jantan yang disita Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Wilayah II di Tenggarong dari seorang warga di Samarinda, Kalimantan Timur.

Ia diserahkan ke Samboja Lestari untuk menjalani proses rehabilitasi pada 11 Maret 2014saat usianya6 tahun. Satu tahun menjalani rehabilitasi di BOS Foundation Samboja Lestari, Joni menjadi siswa Sekolah Hutan Level 2 yang mandiri dan dikenal sebagai penjelajah yang andal.

Ia sangat aktif beraktivitas di atas pohon dan sangat pandai dalam mengenali pakan alaminya. Joni juga seringkali bermalam di hutan. Orangutan jantan yang menawan dengan rambut tipis berwarna coklat kehitaman ini kini berusia 7 tahun dengan berat badan 21 kg.

Kini tinggal menghitung hari untuk membuktikan kemampuan dan kemandiriannya sebagai orangutan liar sejati di Hutan Kehje Sewen.

Baca: Akan Dilepasliarkan ke Hutan, Orangutan Ini Lelah Tak Bisa Tidur

2. Hanung
Orangutan ini masuk ke Samboja Lestari pada 28 Juni 2007, setelah diserahkan oleh seorang warga di Balikpapan.

Saat itu orangutan jantan ini masih berusia 1 tahun. Selepas masa karantina, Hanung mengikuti grup Sekolah Hutan untuk mendapatkan kembali kemampuan dan perilaku alaminya.

Orangutan jantan dengan rambut tipis berwarna coklat kehitaman dan memiliki janggut tebal berwarna kemerahanini mudah bergaul dengan orangutan lainnya dan suka bila sedang berkumpul dengan teman-temannya.

Ia sangat aktif dan suka menjelajah. Meskipun ramah, ia tidak suka bila ada orangutan lain yang mengganggu atau merebut makanannya. Hanung kini berusia 9 tahun dengan berat badan 31 kg.

Orangutan jantan yang memiliki tatapan mata yang tajam dan berwibawa ini akan segera berangkat ke Hutan Kehje Sewen untuk menjalani hidup barunya sebagai orangutan liar sejati.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved