Pengamanan Pilkada

Kapolres Amankan 6 Orang dari Timses Salah Satu Paslon

Kapolres Paser AKBP Christian Tory mengatakan kondisi Kamtibmas di Kabupaten Paser masih kondusif, meski ada sedikit riak-riak yang mewarnai.

Kapolres Amankan 6 Orang dari Timses Salah Satu Paslon
HO_HUMAS SETKAB KUTIM
Ilustrasi. Satpol PP mendapat pelatihan khusus untuk membantu pengamanan pilkada. 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Sarassani

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Kapolres Paser AKBP Christian Tory mengatakan kondisi Kamtibmas di Kabupaten Paser masih kondusif, meski ada sedikit riak-riak yang mewarnai penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) atau Pilkada Paser tanggal 9 Desember 2015.

Christian Tory membenarkan bahwa pihaknya mengamankan enam orang yang diduga tim sukses salah satu pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Paser. "Ada enam orang yang diamankan petugas," kata Tory saat melakukan pemantauan kesejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Tanah Grogot, Rabu (9/12/2015).

BACA JUGA: Paslon Berguguran Karena Minim Syarat Dukungan

Keenam orang itu menurut Tory, sebelumnya ditangkap oleh timses paslon tandingannya. "Petugas mengamankan untuk menghindari kemungkinan terjadinya main hakim sendiri. Ketika ada laporan peristiwa itu, petugas kami langsung turun dan mengamankan mereka,"kata Tory.

Peristiwa itu, lanjut Tory, terjadi sekitar pukul 02.15. Timses salah satu paslon membuntuti dua mobil timses pasangan calon lain yang diduga membawa sesuatu terkait dengan Pilkada. Kedua mobil itu kemudian dicegat, agar tak terjadi tindakan main hakim sendiri, aparat polres paser mengamankan mereka.

BACA JUGA: Ketua DPRD Paser: Saya Masuk Dalam Survei dan Respons Warga Positif

Saat ditanya apakah satu dari enam timses yang diamankan merupakan Wakil Ketua DPRD Paser, Tory juga membenarkannya. "Iya, benar," kata Tory

Ditambahkan, Polres Paser dalam hal ini untuk mengamankan agar tidak terjadi tindakan main hakim sendiri, sedangkan penyelesaian kasusnya merupakan ranah kewenangan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

BACA JUGA: Usulan Anggaran Saat KPU Paser Belum Tahu Ada Pilkada Serentak

"Kami hanya mengamankan, selanjutnya kami serahkan ke Panwaslu," tambahnya.

Untuk diketahui, ada dua paslon peserta Pilbup Paser 2015, yakni paslon no urut 1 H Bambang Susilo-H Sulaiman Eva Merukh dan paslon no urut 2 H Yusriansyah Syarkawie-HM Mardikansyah. (*)

***

Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim


Penulis: Sarassani
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved