Breaking News:

Klinik Kesehatan

Menangani Anak Step di Malam Hari

Apa tindakan pertama yang harus dilakukan saat anak step Dok?

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

PUNYA pertanyaan soal kesehatan fisik ataupun psikis?Pertanyaan Anda akan dijawab oleh ahlinya. Pertanyaan bisa dikirim melalui email/ WhatsApp redaksi Tribun Kaltim, seperti yang tertera di atas rubrik ini atau email ke red.minggu@gmail.com dengan subjek KLINIK KESEHATAN.

 TRIBUNKALTIM.CO- Dok, anak saya beberapa kali step saat malam hari. Saya selalu panik, dan untungnya saat anak saya step, selalu bertepatan ada orangtua atau saudara saya yang sedang menginap di rumah, saat suami tugas ke luar kota. Jadi mereka yang lantas mengantar anak ke dokter, sementara saya gugup. Saya khawatir anak saya step, saat saya hanya sendirian di rumah. Apa tindakan pertama yang harus dilakukan saat anak step Dok? Terima kasih atas bantuannya. Nana, Samarinda.

Oleh dr Annisa Muhyi, Sp.A, M.Biomed
RSIA Thaha Bakrie Samarinda


Jawaban
Setiap orang tua pasti panik jika anak mengalami kejang. Untuk menjawab pertanyaan ibu secara detail saya memerlukan informasi tambahan kejang pada anak ibu apakah sebelum kejang anak mengalami demam atau tidak?Apakah ada riwayat kejang pada keluarga?

Jika anak ibu mengalami demam dahulu kemudian kejang maka anak ibu menderita kejang demam. Kejang demam memiliki risiko berulang kejang setiap demam diatas suhu rektal 38oC sampai dengan usia 6 tahun.

BACA JUGA: Psikologi: Susahnya Mengatur Anak Remaja

Penanganan kejang demam yang pertama kali dilakukan adalah menurunkan demam dan mencari penyebab demam. Untuk mengatasi demam di rumah, ibu dapat memberikan obat penurun panas dan melakukan kompres air hangat di setiap lipat badan (leher, ketiak, lipat paha).
Pemberian obat penurun panas dengan dosis dan jumlah pemberian sesuai dokter. Jika anak kejang di rumah maka orang tua harus menghindarkan anak dari lingkungan yang berbahaya agar tidak melukai anak, melonggarkan baju dan celana serta memastikan anak mendapatkan cukup udara untuk bernapas.

Penjelasan yang saya berikan hanya bersifat penanganan secara umum, untuk penjelasan dan mendapatkan obat anti kejang untuk penanganan awal di rumah dapat ibu konsultasikan ke dokter. Selain itu perlu dibedakan anak ibu kejang demam atau bukan untuk mendapatkan terapi yang lebih tepat dan sesuai penyebabnya. Demikian, semoga bermanfaat. (*)

***

  Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim

Penulis: Rita
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved