Klinik Kesehatan

Hamil 4 Bulan, Bolehkah Gigi Bolong Dicabut atau Ditambal?

Dok, saya sedang hamil 4 bulan, saat ini gigi geraham saya bolong dan rasanya sakit sekali. Boleh kah gigi ditambal saat hamil?

PUNYA pertanyaan soal kesehatan fisik ataupun psikis?Pertanyaan Anda akan dijawab oleh ahlinya. Pertanyaan bisa dikirim melalui email/ WhatsApp redaksi Tribun Kaltim, seperti yang tertera di atas rubrik ini atau email ke red.minggu@gmail.com dengan subjek KLINIK KESEHATAN.

TRIBUNKALTIM.CO - Dok, saya sedang hamil 4 bulan, saat ini gigi geraham saya bolong dan rasanya sakit sekali. Boleh kah gigi ditambal saat hamil? Karena saya dengar, gigi tidak boleh dicabut atau ditambal saat hamil. Atau adakah obat sakit gigi yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Terima kasih Dok. Dina, Samarinda

Oleh drg. Dewa Md.S,Sp.KG
Dokter Gigi Rumah Sakit Siloam

Jawaban

PADA prinsipnya gigi berlubang pada ibu hamil harus dilakukan perawatan, karena jika sakit akan mengganggu asupan nutrisi yang justru akan mengganggu pertumbuhkembangan janin. Namun harus diperhatikan pada saat menambal adalah obat-obatan penahan nyeri maupun antibiotik yang akan digunakan.

Untuk itu harus melihat kondisi kesehatan sang ibu dan wajib berkonsultasi dengan dokter kandungan ibu tersebut. Mitos yang mengatakan pada ibu hamil tidak boleh melakukan pencabutan tidak selamanya benar, jika sakit gigi dan tidak bisa dirawat lagi maka boleh dilakukan pencabutan dengan catatan memperhatikan kondisi sang ibu.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Menghindari Infeksi TORCH saat Hamil

Kembali lagi ke pemberian obat analgesik dan antibiotik pasca pencabutan. Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan agar mengetahui larangan atau pantangan bagi ibu hamil. (*)

***

Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved