Liputan Khas

Ini Dia Tempat-tempat Liburan Menyenangkan di Kota Balikpapan

LIBURAN akhir tahun selalu disambut antusias oleh masyarakat di Indonesia. Berbagai Paket Wisata Akhir Tahun, tiket pesawat dan kereta

Ini Dia Tempat-tempat Liburan Menyenangkan di Kota Balikpapan
TRIBUN KALTIM/ ARIDJWANA
Suasana liburan di Pantai Kemala Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - LIBURAN akhir tahun selalu disambut antusias oleh masyarakat di Indonesia. Berbagai Paket Wisata Akhir Tahun, tiket pesawat dan kereta, hingga hotel dan penginapan pun kebanjiran pelanggan. Bila tak ada agenda liburan keluar pulau apalagi keluar negeri, tak perlu kecewa apalagi sedih. Banyak tempat wisata lokal di Balikpapan atau kota/kabupaten di Kaltim yang tak kalah berkualitas dengan tempat wisata di luar pulau.

Di Balikpapan saja misalnya, kita bisa memilih berlibur di tempat wisata yang natural atau modern. Wisata alam kita bisa berkunjung ke Bukit Bangkirai di kilometer 38, wisata Alam Batu Dinding, Lamin Etam Ambors di Km 28. Atau bisa bermain di Pantai Manggar, Pantai Lamaru, atau Kemala Beach.

Atau bagi yang tak mau beranjak jauh dari kota, kita tetap bisa menikmati liburan di tengah kota dengan berenang di water park atau window shopping dan bermain games di pusat perbelanjaan. Bisa juga hanya dengan kongkow-kongkow di kafe-kafe favorit Anda atau menghabiskan waktu di toko buku.
Riski Trimulyana, misalnya memiliki cara untuk menghabiskan waktu liburan kali ini. Untuk tahun ini dia hanya menikmati liburan di Balikpapan dengan bercengkerama dengan kawan-kawannya di kafe.

BACA JUGA: Wisata ke Selimau Satu, Serpihan Surga Buah Rambutan

"Liburan akhir tahun ini sih paling di Balikpapan saja. Habisin waktu nongkrong di kafe saja," ujarnya. Saat liburan akhir tahun kemarin dirinya sempat pergi ke kota Bandung. "Rencananya sih mau keluar kota tapi karena atasan sedang keluar kota nggak enak saja ke luar kota. Jadi akhir tahun ini liburan di Balikpapan," lanjut Riski.
Rencananya dia akan keluar kota setelah alasannya kembali keluar kota. Nantinya saat keluar kota dia akan mencari kafe unik di kota yang dia tuju. "Paling nggak sih keluar kota Januari nanti. Paling ke Bandung atau Jogja. Soalnya kedua kota tersebut banyak pilihan kafe-kafe unik," imbuh Riski.

Lain dengan Muhammad Ami. Laki-laki asal Balikpapan ini baru saja Balik dari liburan ke Sulawesi. Dia baru saja berlibur ke kepulauan Balabalakang, Sulawesi Barat. "Baru Balik kemarin (Kamis) dari Pulau Balabalakang. Sekarang istirahat di Balikpapan dulu," ucapnya.

Pulau Balabalakang adalah sebuah pulau yang yang terletak di daerah mamuju Sulawesi Barat. Pulau ini merupakan Pulau kecil dan memiliki pemandangan Laut yang sangat indah. Dari Balikpapan membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 11 jam menggunakan kapal laut.

BACA JUGA: Jangan Takut, 10 Negara Ini Aman Bagi Backpacker Solo

Liburan yang tak kalah asyik juga bisa kita lakukan di rumah. Dengan sebelumnya membuat rumah bersih dan nyaman, kita bisa menghabiskan waktu di rumah dengan menonton film favorit, membaca buku, atau bahkan menyalurkan hobi yang tertunda karena pekerjaan, misalnya menjahit atau bercocok tanam. Asyik kan. Tinggal pilih liburan Anda agar saat harus kembali menjalani rutinitas, Anda sudah fresh kembali. (*)

***

Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim


Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved