Kaleidoskop 2015

Polisi Kesulitan Ungkap Dua Kasus Pembalakan Liar di HLPN

Sepanjang 2015, Polres Nunukan menerima dua laporan illegal logging atau pembalakan liar di dalam kawasan Hutan Lindung Pulau Nunukan (HLPN).

Polisi Kesulitan Ungkap Dua Kasus Pembalakan Liar di HLPN
TRIBUN KALTIM/NIKO RURU
Petugas Polisi Khusus Kehutanan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Nunukan menemukan aktivitas illegal logging di dalam kawasan Hutan Lindung Pulau Nunukan. (niko ruru/tribun kaltim) 

Laporan Wartawan tribunkaltim.co, Niko Ruru

TRIBUNKALTIM.CO,NUNUKAN - Sepanjang 2015, Polres Nunukan menerima dua laporan illegal logging atau pembalakan liar di dalam kawasan Hutan Lindung Pulau Nunukan (HLPN). Kapolres Nunukan AKBP Pasma Royce mengatakan, kasus illegal logging ini termasuk perkara yang rumit penangangannya.

“Kami harus bekerjasama dengan Dinas Kehutanan untuk mengetahui batas hutan dan kerugian negara akibat pencurian kayu,” ujarnya Jumat (1/1/2016).

BACA JUGA: Pemilik Mobil Ditahan, Bos Kayu Malah Dilepas

Untuk menangani kasus illegal logging dimaksud, langkah awal yang harus dilakukan memastikan kayu tersebut benar-benar hasil curian. Untuk proses tersebut tentu membutuhkan waktu yang cukup lama.

“'Harus ketemu tegakannya. Lahan mana? Begitu ketemu bikin berita acara. Jadi harus jelas dan dipastikan terjadi kerugian negara. Jadi memang tidak mudah,'' katanya. (*)

***

Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim

Penulis: Niko Ruru
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved