Demi Cegah Abrasi, Walikota akan Ambil Bibit Cemara dari Pulau Bunyu

Cegah abrasi di pesisir Pantai Amal, Pemkot Tarakan berencana akan menanam ribuan pohon cemara.

Laporan Wartawan tribunkaltim.co, Junisah

TRIBUNKALTIM.CO.TARAKAN - Cegah abrasi di pesisir Pantai Amal, Pemkot Tarakan berencana akan menanam ribuan pohon cemara. Bibit pohon cemara ini,rencananya akan diambil di Pulau Bunyu Kabupaten Bulungan.

“Sebenarnya bibit pohon cemara ada di Tarakan hanya saja kurang banyak, jadi kita ambil di Pulau Bunyu yah ukurannya apa saja, mau bijinya, atau pohon yang tingginya setengah meter dua meter atau cangkokkanan yah kita ambil saja,” ucap Walikota Tarakan Sofian Raga usai melakukan silaturahim dengan petugas kebersihan di Workshop Kantor Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tarakan, Kamis (7/1/2015).

BACA JUGA: Di Sebatik, DPRD Nunukan Temukan Jalan Terkikis Abrasi

Sofian mengatakan, rencana kegiatan menanam pohon cemara ini untuk membumihijaukan Kota Tarakan termasuk di daerah pesisir pantai.”Untuk membumihijaukan Kota Tarakan, kita menanam semua pohon apa saja yang penting bukan pohon ganja yang ditanam,” ujarnya.

Menurut Sofian, pohon cemara ditanam di pesisir pantai karena pohon cemara tahan terhadap air laut dan guncangan angin. Pohon cemara ini habitatanya berada di pessir pantai, sehingga sangat wajar apabila ditanam di Pantai Amal.

Kamis (7/1/2016) Walikota Tarakan Sofian Raga, Ketua DPRD Kota Tarakan Sabar Santoso, dan Sekkot Tarakan Khairul menghadiri silaturahim dengan petugas kebersihan di DKPP Kota Tarakan. (tribunkaltim.co/junisah)

“Pulau Tarakan ini ini mempunyai pantai berpasir yang memang diciptakan tuhan. Duluya pohon cemara ini banyak di Pantai Amal, namun kini sudah hilang. Oleh karena itu dengan rencana penanaman ini, mau kami kembalikan pohon cemara ini ke habitatnya,” tuturnya. (*)

***

Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim

Penulis: Junisah
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved