Lingkungan

Kantor Ramah Lingkungan Bikin Karyawan Jadi Produktif

Itu adalah salah satu gambaran ketika tempat kerja sudah menjadi kantor "hijau" alias kantor ramah lingkungan.

Kantor Ramah Lingkungan Bikin Karyawan Jadi Produktif
THINKSTOCKPHOTOS
Kantor hijau tak hanya baik untuk mereduksi jumlah emisi karbon penyebab peningkatan suhu bumi, tetapi juga bisa meningkatkan kebahagiaan dan produktivitas karyawan. 

TRIBUNKALTIM.CO -- Bayangkan, suatu ketika Anda tiba di lingkungan kantor disambut udara segar pagi hari. Tak banyak kendaraan bermotor mengisi ruang parkir.

Udara pun segar. Sebabnya, sebagian besar karyawan datang menumpang angkutan umum atau naik sepeda. Plus, pepohonan rindang menempati 30 persen lahan kantor, memastikan pasokan oksigen sekaligus menghalau panas dari area perkotaan. Sejuk!

Itu adalah salah satu gambaran ketika tempat kerja sudah menjadi kantor "hijau" alias kantor ramah lingkungan.

Perkantoran model ini tak hanya baik untuk mereduksi jumlah emisi karbon penyebab peningkatan suhu bumi, tetapi juga bisa meningkatkan kebahagiaan dan produktivitas karyawan.

Penelitian Harvard Center for Health and the Global Environment, dikutip dari Science Daily, mengungkapkan bahwa bangunan kantor yang memiliki sirkulasi udara dan tumbuhan hijau berefek positif terhadap kemampuan kognitif karyawan.

Baca: Rumah Bernapas, Tempat Hunian Ramah Lingkungan untuk Iklim Tropis

Namun, tunggu dulu! Kantor ramah lingkungan tak hanya soal jumlah ruang hijau. Seluruh aktivitas dalam kantor juga harus mengarah pada gaya hidup yang tidak merugikan lingkungan atau meminimalkan dampak buruk kehadirannya terhadap lingkungan. Caranya?

Membangun kesadaran

Penerapan gaya hidup "hijau" tak selalu dianggap penting oleh semua orang, termasuk para karyawan di perkantoran. Karena itu, langkah pertama wajib dilakukan untuk mewujudkan kantor hijau adalah membangun kesadaran seluruh karyawan lewat kampanye gaya hidup ramah lingkungan.

Kampanye bisa dilakukan secara minimalis, tak perlu heboh, yang penting rutin dilaksanakan. Membuat brosur berisi infografis menarik tentang dampak kerusakan lingkungan, misalnya, bisa jadi pilihan.

Halaman
123
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved