Breaking News:

Hindari Penyakit, Lebih Baik Bawa Bekal Dari Rumah

Cuaca yang tidak tentu seperti sekarang ini, memicu berkembangnya virus dan bakteri yang bisa menyerang sistem kekebalan tubuh manusia

Penulis: Geafry Necolsen | Editor: Ahmad Bayasut
TRIBUN KALTIM / GEAFRY NECOLSEN
Selama musim hujan, jumlah pasien di Rumah Sakit Umum Abdul Rivai terus meningkat. Dinas Kesehatan Kabupaten Berau menghimbau masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga asupan gizi agar tidak mudah terserang penyakit. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Geafry Necolsen

TANJUNG REDEB, TRIBUNKALTIM.CO – Masuk di musim penghujan, masyarakat tidak hanya dibuat khawatir dengan banjir dan tanah longsor, mereka juga harus waspada terhadap penyebaran berbagai penyakit sebagai dampak cuaca ekstrim ini.

Seperti diketahui, sejak akhir tahun 2015 lalu, hingga sekarang Demam Berdarah Dengue (DBD) masih merajalela, berbagai upaya pencegahan telah dilakukan namun belum memberikan dampak signifikan.

baca juga

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Berau, selain DBD, ada empat penyakit lain yang mendominasi menyerang masyarakat, yakni demam, batuk, flu dan diare.

“Cuaca yang tidak tentu seperti sekarang ini, memicu berkembangnya virus dan bakteri yang bisa menyerang sistem kekebalan tubuh manusia,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Totoh Hermanto kepada tribunkaltim.co.

Lima jenis penyakit ini kata Totoh sangat mudah menyerang anak-anak.

"Hal tersebut dikarenakan kondisi atau fisik tubuh anak lebih lemah daripada orang dewasa. Terlebih lagi bagi mereka yang kekurangan vitamin dan asupan gizi yang tidak seimbang,” katanya.

Selain DBD, diare juga patut diwaspadai, pasalnya, akhir-akhir ini, kata Totoh, jumlah penderitanya terus bermunculan di berbagai Puskesmas. Diare, menurut Totoh biasanya disebabkan makanan yang kurang higienis.

“Lebih baik membawa bekal dari rumah, yang jelas higienitasnya,” katanya lagi. (*)

Netizen yang baik hati, kunjungi juga twitter kami @tribunkaltim serta Tonton Video YoutubeTribunKaltim

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved