Travelling dan Kuliner

Belajar Menenun Langsung dari Ahlinya di Desa Sukarare

PULAU Lombok tidak hanya menyimpan keindahan alamnya, tetapi juga kerajinan tradisional tenun dan songket. Jika berlibur ke Lombok, sempatkanlah datan

Belajar Menenun Langsung dari Ahlinya di Desa Sukarare
KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA
Suku Sasak di Desa Sade, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Warga Desa Sade menjajakan kain tenun khas Lombok kepada wisatawan yang berkunjung ke kampung tradisional tersebut. 

TRIBUNKALTIM.CO - PULAU Lombok tidak hanya menyimpan keindahan alamnya, tetapi juga kerajinan tradisional tenun dan songket. Jika berlibur ke Lombok, sempatkanlah datang ke Desa Sukarare, pusat kerajinan tenun khas Lombok. Konon, hampir seluruh warga di Desa Sukarare berprofesi sebagai penenun. Selain bisa belanja kain tenun dan songket khas Lombok untuk oleh-oleh, pengunjung bisa belajar menenun di tempat tersebut.

BACA JUGA: Keindahan Bunga Meihua, Bunga Kebanggaan Masyarakat Tiongkok

Untuk menuju ke Desa Sukarare yang terletak di Lombok Tengah, kurang lebih 20 menit dari Bandara Internasional Praya Lombok. Sebagian besar perempuan yang tinggal di Desa Sukarare bekerja sebagai penenun. Bahkan sejak dari anak-anak, para orang tua sudah mengajarkan atau mewariskan kerajinan tenunnya. Menurut tradisi di desa tersebut, anak perempuan belum boleh meninak jika belum bisa menguasai kerajinan tenun.

Hasil tenunan khas Sukarare adalah Sarung Songket. Biasanya sarung tersebut digunakan pada saat upacara adat, seperti pesat besar atau begawe beleq. Tenun merupakan pekerjaan utama bagi penduduk permpuan desa tersebut selain bertani.

BACA JUGA: Candi Peninggalan Tahun 880 Masehi Letaknya di Lereng Gunung Merapi

Di sepanjang jalan Desa Sukarare banyak toko-toko yang menjual tenunan sekaligus memperlihatkan proses pembuatannya yang biasanya diperagakan oleh wanita desa berpakaian khas lambung. Ciri khas tenunan dari Desa Sukarara ini tenunan memakai benang emas yang sering di sebut kain songket. (*)

Netizen yang baik hati, kunjungi juga twitter kami @tribunkaltim serta Tonton Video YoutubeTribunKaltim

Penulis: Sumarsono
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved