Wisata Kuliner

Baso Pak Kumis di Atas Mangkuk Legendaris

BAKSO... Mungkin Anda langsung membayangkan mie dan bihun masuk berdampingan di dalam mangkuk. Ditambah kaldu ayam nan lezat. Semua itu masih ada yang

Baso Pak Kumis di Atas Mangkuk Legendaris
TRIBUN KALTIM/ AZHAR SRIYONO
Bakso Pak Kumis di Perumahan Wika Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO - BAKSO... Mungkin Anda langsung membayangkan mie dan bihun masuk berdampingan di dalam mangkuk. Ditambah kaldu ayam nan lezat. Semua itu masih ada yang kurang jika tidak ditambah daging sapi yang dibulat seperi bola pingpong.
Bak sayur tanpa garam bakso kurang lengkap dengan pentol bakso. Makanan yang hampir semua masyarakat Indonesia menyukai. Hadir di area Ruko Perumahan

Tamansari Bukit Mutiara Wika, Warung Bakso "Pak Kumis" paling terkenal dari sekian penjaja makanan di kawasan tersebut.
Meski tidak dijual di tempat yang serba mewah, Bakso "Pak Kumis" telah eksis di daerah tersebut saat pertama kali kawasan kuliner tersebut berdiri. "Sudah lima tahun saya jualan di sini. Dulu masih sepi, sekarang alhamdulillah mulai ramai, " ujar Riyanto, pedagang bakso "Pak Kumis".
Sepintas bakso yang disajikan Riyanto cukup sederhana. Dengan mi dan bihun serta tiga pentol bakso kecil dan satu pentol besar tampak di atas mangkuk bergambar ayam legendaris.

BACA JUGA: Goreng Ikan Terbang, Seperti Apa Rasanya?

Tapi saat Anda mencicipinya rasa kuah dari bakso rasanya, hemmm... Rasa kaldu ayam jelas terasa ketika menyeruput kuah dari bakso tersebut.
"Saya masukkan kikil sapi dan sumsum tulang sapi di tungku kuah. Tujuannya agar kaldu tidak hilang selama dijual dalam sehari," tutur Riyanto. Meskipun mie yang dijual Riyanto dari pabrik mie umumnya namun mie tersebut cukup lembut dan mudah dikunyah.
Pentol milik Riyanto tidak ada gajih. Gajih biasanya akan terasa di lidah setelah makan bakso sebagai indikasi bakso tersebut memiliki lemak tinggi yang tidak baik bagi kesehatan.Harga cukup terjangkau, seporsi bakso "Pak Kumis" dibanderol Rp 15 ribu. "Bakso Rp 15 ribu. Lalu es teh Rp 5 ribu," tandas Riyanto. (*)

Netizen yang baik hati, kunjungi juga twitter kami @tribunkaltim serta Tonton Video YoutubeTribunKaltim

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved