Travelling dan Kuliner

Marchvelous, Berburu Kuliner Khas Negeri Pisa

Dimulai dengan menu antipasto di mare. Makanan ini sangat cocok bagi Anda penyuka seafood.

Marchvelous, Berburu Kuliner Khas Negeri Pisa
TRIBUN KALTIM/ JINO PRAYUDI KARTONO
Atraksi Chef 

TRIBUNKALTIM.CO - APA yang terlintas saat Anda mendengar masakan Italia? Pizza dan spaghetti pasti akan langsung keluar dari bayangan Anda. Namun apakah Anda pernah mendengar masakan seperti antipasto di mare, picatta al limone, atau panna cotta? Pasti pernah ada yang mendengar terutama panna cotta. Namun, bagi yang belum tahu apa makanan tersebut, bisa langsung deh icip-icip di Square Restaurant Hotel Novotel Balikpapan. Pasalnya, promo kuliner di bulan ini adalah makanan khas Italia.

BACA JUGA: Iga Bakar Dibikin Sup, Ternyata Enak Juga

Dimulai dengan menu antipasto di mare. Makanan ini sangat cocok bagi Anda penyuka seafood. Makanan iini terdiri dari udang, kerang, cumi dan potongan ikan kakap tersaji dalam satu piring yang cukup besar. Cara masaknya cukup simpel yaitu direbus sekitar tiga sampai lima menit. Setelah dirasa cukup, seluruh makanan laut di angkat dan dipisah dari air rebusan. Kemudian letakkan di atas sebuah piring yang cukup besar.

"Direbus paling cepat tiga menit. Paling lama sampai airnya mendidih lalu angkat. Nanti di atas piring kami tambahkan perasan air lemon yang tujuannya untuk mengurangi bau amis dari ikan tersebut," ujar Sous Chef Novotel Balikpapan Isman Harsaya.

Agar semakin nikmat Isman menambahkan saus khas Italia yaitu balsamic vinegar. Sepintas warnanya terlihat seperti kecap tetapi rasanya sangat segar dan asam. Selain makanan laut yang tersaji di atas piring, Isman menambahkan potongan jeruk nipis, selada dan tomat sebagai hiasan.

Ketika disantap daging ikan kakap terasa sangat lembut. Lalu saat dimakan terasa kecut dari jeruk nipis ketika masuk ke dalam mulut sangat segar. Cumi dan kerangnya pun tidak kalah nikmat dengan perasan jeruk membuat makanan laut ini terasa semakin segar.

Setelah selesai menyantap antipasto di mare, Anda harus mencicipi makanan utamanya yaitu picatta al limone. Menu ini mirip seperti spaghetti namun yang membedakan yaitu cara memasaknya. Kalau spaghetti pasta direbus lalu diberi saus spaghetti saja, tapi picatta al limone direbus dan ditumis sebentar dengan tambahan bawang putih.

BACA JUGA: Manis Gurih, Cokelat Isi Kacang Tumbuk

Setelah pasta dimasak, masak ayam hingga matang. Lalu diberi merica serta garam agar gurih lalu angkat dan taruh di atas pasta yang telah disajikan terlebih dahulu.
Agar tampilan semakin menarik ditambah potongan daun peterseli dan mi kering yang dihias. Biasanya masakan ala Eropa tidak sesuai dengan lidah Indonesia, tapi Isman membuat rasa di dalam pasta ini sesuai dengan lidah Indonesia yang mayoritas menyukai citarasa rempah. Hal itu terbukti ketika Anda menyantap pasta dan daging ayam picatta al limone tersebut.

Santapan ditutup dengan dessert. Kali ini dalam promo Marchvelous menyajikan panna cotta. Dessert ini sepintas terlihat seperti pudding. Kalau pudding berbahan agar-agar sedangkan pana cotta berbahan susu cair dan krim. Untuk sausnya Pastry Chef Novotel Suherman Yuli Prasetya Balikpapan membuat saus stroberi. Saus stroberi menurutnya digemari oleh orang banyak maka dia membuat saus tersebut di atas cetakan panna cotta. Tekstur sangat lembut, saat disantap langsung lumer di mulut. Lezat!

Semua makanan Italia ini yang disajikan oleh Novotel selama promo Marchvelous bulan Maret ini. Promo kali ini diberikan harga sekitar Rp 125 ribu++ belum termasuk PPN untuk pilihan dua menu makanan tersebut. Well... Selamat mencoba. (*)

Netizen yang baik hati, kunjungi juga twitter kami @tribunkaltim serta Tonton Video YoutubeTribunKaltim

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved