Terlalu, Bekantan Juga Jadi Korban Tabrak Lari

Kami terima info ada Bekantan yang terluka. Setelah koordinasi dengan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim

Terlalu, Bekantan Juga Jadi Korban Tabrak Lari
TRIBUN KALTIM / UDIN DOHANG
Petugas Balai TNK mengamankan seekor Bekantan Jantan dari tangan warga jalan poros Bontang-Samarinda, Selasa (8/3). Bekantan ini ditemukan warga dalam kondisi terluka di bagian pelipis, diduga korban tabrak lari. 

Laporan wartawan tribunkaltim.co, Udin Dohang

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Balai Taman Nasional Kutai (TNK) Bontang menyelamatkan seekor Bekantan dari warga, Selasa (8/3/2016).

Bekantan jantan ini, ditemukan warga terluka di jalan poros Bontang-Samarinda, diduga menjadi korban tabrak lari.

Kepala Pengendali Ekosisten dan Hutan Balai TNK Bontang, Yulita mengaku mendapat informasi dari jejaring sosial facebook. Seorang warga memposting foto Bekantan dalam keadaan terluka di pelipis kanannya.

"Kami terima info ada Bekantan yang terluka. Setelah koordinasi dengan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim, mereka minta untuk amankan dulu," kata Yulita saat ditemui di kantornya, Selasa (8/3/2016).

baca juga

Penuturan warga, lanjut Yuli, kera hidung panjang ini enggan untuk makan. Dikhawatirkan kondisi kesehatannya terganggu, pihaknya segera mengevakuasi ke TNK.

Satwa dilindungi itu, bakal diberikan stimulan lebih dulu, untuk mengembalikan kondisi mentalnya yang sempat terguncang pasca ditangkap oleh warga.

Rencananya, hewan Nasalis Larvatus ini bakal dilepasliarkan di wilayah TNK dalam waktu dekat. Sebelum dilepas, tambah Yuli, pihaknya harus memastikan kondisi mental sudah pulih. Selain itu, hewan yang hidup berkelompok ini mau untuk dilepaskan di areal tersebut.

"Kalau Bekantan dilepaskan kemudian langsung lari, artinya dia sehat. Banyak pertimbangan kalau dilepaskan di Bontang, kita sengaja memilih di Kutim lantaran keamanannya satwa ini lebih terjamin," katanya.‎ (*)

Netizen yang baik hati, kunjungi juga twitter kami @tribunkaltim serta Tonton Video YoutubeTribunKaltim

Penulis: Udin Dohang
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved