Mancanegara

April Mop, Hari Lelucon Sedunia, Begini Sejarahnya. . .

Dalam bahasa Inggris dikenal juga dengan April Fools' Day yang diperingati setiap tanggal 1 April tiap tahun.

April Mop, Hari Lelucon Sedunia, Begini Sejarahnya. . .
Global News.ca
Ilustrasi - April Mop atau yang dikenal dengan April s Fool Day. 

TRIBUNKALTIM.CO -Hampir sebagian besar dari kita sudah mengetahui 1 April biasa disebut "April Mop".

Dalam bahasa Inggris dikenal juga dengan April Fools' Day yang diperingati setiap tanggal 1 April tiap tahun.

Hari dimana orang dianggap boleh berbohong atau memberikan lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu.

Bahkan perusahaan raksasa elektronik seperti Google, Honda HR-V dan WestJet meluncurkan produk yang menipu banyak orang di seluruh dunia pada peringatan April Mop.

Di Indonesia sendiri, peringatan April Mop tidak terlalu heboh untuk dirayakan, selain itu juga tidak dianjurkan dalam Islam yang notabene sebagian besar warga Indonesia memeluk agama Islam.

Baca: FOTO - Pesona Bukit Batu Putih, Salah Satu Bukti Sejarah Kota ...

Sejarah munculnya April Mop sendiri masih kurang jelas. Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa sejarawan mempercayai awal mula peringatan ini dimulai pada 1582.

Waktu itu di Prancis sedang beralih dari penggunaan kalender Julian ke kalender Gregorian. Pergantian tanggal tersebut tentunya tidak diketahui oleh semua orang di sana.

Jadi bagi mereka yang tidak menyadari jika tahun baru telah berganti pada 1 Januari seperti saat ini. Mereka terus melakukan selebrasi dari akhir maret hingga 1 April.

Baca: Sungguh Klasik, Foto-foto Sejarah Pernikahan Putri Diana

Sehingga orang-orang tersebut diejek dan bahkan ada yang menempelkan ikan di balik punggung mereka, dan memanggil mereka dengan sebutan "poisson d'avril" atau yang berarti ikan April. Yang berarti jika mereka adalah orang-orang yang gampang ditipu, bagaikan ikan kecil yang mudah dipancing, demikian dikutip Tribunkaltim.co melalui situs globalnews.ca.

Terdapat pula yang mempercayai jika perayaan April Mop berlangsung lebih lama lagi ketika zaman Romawi, yang disebut Hilaria, ketika banyak orang akan mengenakan pakaian penyamaran.

Dimana pun dan kapan pun permulaan peringatan April Mop itu dimulai, yang jelas hingga saat ini seluruh manusia di berbagai negara mengetahui jika pada 1 April dikenal dengan hari dimana boleh mengerjai orang lain tanpa perlu bersalah. (*)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim

Penulis: Ayuk Fitri
Editor: Trinilo Umardini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved