Kesehatan

Bagaimana Peluang Kehamilan Wanita Usia 30 dan 40?

Hampir sepertiga wanita berusia 40-44 tahun tidak subur, jika dibandingkan dengan 22 persen wanita berusia 35-39 tahun.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Seiring dengan bertambahnya usia, kualitas sel telur terus menurun. Wanita berusia di atas 30-an sebaiknya tidak menunda memiliki anak, karena peluang kehamilannya lebih rendah dibanding saat berusia lebih muda.

Menurut American Society for Reproductive Medicine, wanita sehat berusia 30-an memiliki peluang hamil secara alami sekitar 20 persen setiap bulannya. Di usia 40-an, peluang itu turun sekitar 5 persen.

Hampir sepertiga wanita berusia 40-44 tahun tidak subur, jika dibandingkan dengan 22 persen wanita berusia 35-39 tahun. Sedangkan pada wanita berusia 25-29 tahun, hanya 9 persen saja yang tidak subur.

Kesuburan memang mulai menurun di usia 30 tahun, tapi terjadi secara bertahap selama lima tahun atau lebih. Di usia ini, jika wanita melakukan program bayi tabung peluang keberhasilannya lebih besar dibanding wanita berusia lebih matang.

Sementara itu, kesuburan akan terus menurun di atas usia 35 tahun sampai 39 tahun.

Baca: Mau Hamil di Usia 30 Tahun ke Atas? Ini Kiatnya Tingkatkan Kesuburan

"Penurunan itu karena sel telur mengalami penuaan sehingga menjadi makin sulit dibuahi," kata Benjamin Younger, dokter kandungan.

Dokter biasanya tidak merekomendasikan wanita di usia ini menunda kehamilan dan tidak terlambat memeriksakan diri ke dokter jika belum juga hamil setelah setahun melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi.

"Masalah terbesar pada pasangan infertil adalah menunda pemeriksaan. Ada perbedaan besar dalam peluang keberhasilan pada wanita di akhir usia 30-an dan awal 40-an," kata Ruth Fretts, dokter obgyn dari Harvard Medical School.

Di usia ini risiko gangguan kesehatan saat hamil juga lebih besar, antara lain hipertensi, diabetes kehamilan, dan juga kemungkinan melahirkan lewat operasi caesar.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved