Hujan Deras Guyur Kawasan Timur Tengah, Puluhan Warga Tewas

Hujan lebat yang tidak biasa terjadi mengguyur beberapa daerah di Timur Tengah menyebabkan banjir bandang dan puluhan orang meninggal dunia.

Faisal al-Nasser/Reuters
Banjir melanda sejumlah kawasan Timur Tengah seperti Arab Saudi, Yaman, Iran, dan Qatar. 

TRIBUNKALTIM.CO, TIMUR TENGAH - Sedikitnya puluhan warga meninggal dunia saat banjir menggenangi negara di Timur Tengah seperti Arab Saudi, Yaman, Iran, dan Qatar yang mana negara dikenal ini selalu mengalami kekeringan.

Seorang pria terlihat sedang berdiri di tengah genanggan air banjir setelah hujan deras mengguyur kawasan Riyadh, Timur Tengah, pada hari Rabu (13/4/16).

Hujan lebat yang tidak biasa terjadi mengguyur beberapa daerah di Timur Tengah menyebabkan banjir bandang dan puluhan orang meninggal dunia.

Hujan dan banjir tersebut menewaskan 18 orang dari seluruh daratan Arab Saudi dan 915 orang harus diselamatkan setelah terjebak di dalam kendaraan mereka, berdasarkan keterangan dari Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil Saudi pada Kamis kemarin (14/4/16).

Banjir mengenangi jalan raya ibukota Riyadh, Mekkah dan bagian selatan pegunungan di kawasan gurun kerajaan, ungkap direktorat dalam sebuah pernyataan, dikutip melalui situs Aljazeera.

Baca: PLN Padam saat Rumah Kebanjiran, Inilah Nama-nama Warga yang Meninggal Akibat Banjir

Beberapa video diunggah oleh netizen ke media sosial menampilkan mobil-mobil terendam banjir di Kota Abha.

Hujan deras yang mengguyur Arab Saudi selama beberaoa hari membuat Menteri Pendidikan meliburkan kegiatan sekolah di daerah sekitar ibukota.

Sedangkan di negara tetangga Yaman, hujan deras yang turun menyebabkan banjir besar yang menewaskan sedikitnya 16 orang dan membuat bendungan kecil runtuh.

Banjir juga menggenangi dua provisi yaitu Hajja dan Omran bagian Utara ibukota Sanna, berdasarkan keterangan dari pihak resmi Yaman pada hari Kamis (14/4/16).

Akibat banjir banyak kerusakan yang disebabkan seperti lumpur yang dibawa banjir memotong jalan dan menyeret mobil serta hewan ternak.

Selain daerah Hajja dan Omran, curah hujan yang deras mengguyur selama 24 jam terakhir juga melanda daerah Sanna dan pelabuhan di bagian Selatan Aden.

Baca: Sejumlah Daerah Terendam Banjir, Sudah Sepekan Gudang Logistik BPBD Kabupaten Kosong

Berdasarkan keterangan dari stasiun televisi lokal Iran, pada hari kamis hujan lebat melanda di provinsi Barat dan Barat Daya Iran mengakibatkan banjir bandang yang menewaskan dua orang.

Cuaca buruk juga terus melanda negara tetangga di Qatar, hujan lebat dan hujan es disertai badai petir melanda kawasan ini. (*)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim

Penulis: Ayuk Fitri
Editor: Trinilo Umardini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved