Breaking News:

Kesehatan

Jangan Kalap saat Makan Siang, Pilih Menu Sehat dan Bergizi untuk Sarapan

Selain itu, kebiasaan sarapan akan mencegah kita mengalami "kalap" saat makan siang.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Sarapan merupakan waktu makan paling penting dalam sehari. Apa yang kita makan pada pagi hari akan menentukan apakah hari ini kita akan berenergi dan produktif.

Oleh karenanya, jangan asal pilih menu sarapan.

Sarapan yang tepat, menurut Diana F Suganda, dokter spesialis gizi, penting untuk mengganti kebutuhan tubuh setelah tidur semalaman dan perut kosong.

Selain itu, kebiasaan sarapan akan mencegah kita mengalami "kalap" saat makan siang.

Baca: Yuk, Sarapan Sambil Menyaksikan Gerhana Matahari dari Lantai 20 Hotel Menara Bahtera

"Kalau dari pagi perut kosong, saat makan siang kita bisa kalap dan ingin memesan semua makanan. Dengan rutin sarapan, hal itu bisa dihindari sehingga kita bisa menjaga berat badan," katanya dalam acara peluncuran belVita Breakfast di Jakarta (19/4/16).

Dalam sebuah survei terungkap, hampir 56 persen masyarakat Indonesia selalu sarapan. Meski demikian, jenis menunya bervariasi, bahkan ada orang yang "sarapan" dengan segelas teh manis.

"Orang Indonesia kebanyakan masih sarapan satu jenis saja, misalnya hanya mi goreng, segelas susu, atau teh manis. Padahal, pada setiap waktu makan kita harus mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh," ujar Diana.

Baca: Resep Bubur Ayam, Inspirasi untuk Sarapan

Diana menambahkan, walau waktu sarapan yang dimiliki sedikit, karena harus segera bersiap-siap bekerja, sebenarnya kita tetap bisa memiliki menu sarapan yang sehat dan bergizi seimbang.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved