Akankah Provinsi Bungsu Impor Listrik Sarawak Energy?

Terkini, investor PLTA Sungai Kayan baru mendapatkan “tanda tangan” pinjam pakai kawasan hutan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Akankah Provinsi Bungsu Impor Listrik Sarawak Energy?
TRIBUNKALTIM / FACHMI RACHMAN
Seorang pedagang asongan di kawasan Jalan Sabanar Lama, Tanjung Selor, menggunakan nyala api lilin sebagai sumber cahaya di tengah kondisi listrik padam yang melanda ibukota Kaltara, Rabu (20/4/2016) malam. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Krisis listrik yang melanda Kalimantan Utara (Kaltara) membuka peluang dilakukannya impor listrik dari negara tetangga, Malaysia, seperti yang terjadi di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Pasalnya, rencana investasi kelistrikan yang ditunggu-tunggu masih membutuhkan jangka waktu yang lama untuk bisa terealisasi.

Seperti halnya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sungai Kayan yang hingga saat belum menunjukkan progres yang signifikan. Investor baru akan melalui tahapan prarekonstruksi.

Terkini, investor PLTA Sungai Kayan baru mendapatkan “tanda tangan” pinjam pakai kawasan hutan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Surat Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan tersebut bernomor 23/I/IPPKH/PMA/2015 tertanggal 21 Desember 2015. Izin pinjam pakai diberi Menteri Siti Nurbaya seluas 225,71 hektare.

“Khusus listrik, upaya yang dilakukan itu tidak bisa instan. Yang dilakukan oleh Pak Gubernur adalah pendekatan kepada pihak PLN dan beberapa investor. Sudah banyak yang ketemu dan sudah banyak sekali yang turun survei langsung potensi di sini,” tutur Fredercik Ellia, Kepala Bappeda Kaltara kepada Tribun, Kamis (21/4/2016).

(Baca juga: BREAKING NEWS - Lagi, Speedboat Kecelakaan di Muara Bulungan)

Sinyal peluang kerja sama kelistrikan antara Pemprov Kaltara dengan Sarawak Energy dibenarkan oleh Frederick.

Bahkan ia menebutkan, pihak Sarawak Energy sudah diundang bertemu dengan jajaran Pemprov. Peluang kerja sama itu pun menurut Frederick kemungkinan bisa terjadi.

“Oiyalah, wong kita tetangga. Ada peluang,” sebutnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved