Hari Bumi

Tujuh Komunitas dan Seribu Bibit Mangrove

Selain penanaman, dilaksakan pula sarasehan/diskusi bertajuk Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Penanganan Permasalahan Lingkungan.

Tujuh Komunitas dan Seribu Bibit Mangrove
tribunkaltim.co/muhammad alidona
Kegiatan penanaman 1.000 bibit mangrove dalam rangka peringatan Hari Bumi di kawasan konservasi mangrove, Kelurahan Marga Sari, Kota Balikpapan, Minggu (24/4/2016). 

Laporan Wartawan TribunKaltim Muhammad Alidona

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Komunitas yang menamakan dirinya, Batmen melakukan penanaman secara simbolis 1.000 bibit mangrove di kawasan konservasi mangrove, Kelurahan Margasari, Kota Balikpapan.

Acara dilaksanakan Minggu (24/4/2016) ini digelar untuk memeringati Hari Bumi setiap tanggal  22 April.

Menurut Ketua Batmen, Ayu Wulandari ajang ini juga diikuti perwakilan tujuh komunitas yang tergabung dalam Batmen.

Ketujuh komunitas tersebut yakni Komunitas OI Balikpapan, Slankers Balikpapan Yol, Discovery Borneo Balikpapan, AOYB, MTMA, Balikpapan Adventure dan Komunitas Balistik serta pengelola pengelola pesisir atas air Margasari.

Selain penanaman, dilaksakan pula sarasehan/diskusi bertajuk Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Penanganan Permasalahan Lingkungan (Pengelolaan dan Pengolahan Sampah) menjadi Sumber Daya Baru.

Tagline yang diusung adalah “Ayo Berubah Menuju Balikpapan Nyaman Dihuni”.


Pertunjukan musik akustik dalam rangkaian kegiatan untuk memeringati Hari Bumi. (tribunkaltim.co/muhammad alidona)

Kegiatan semakin meriah dengan iringan dengan pertunjukan musik akustik bertemakan lingkungan yang dibawakan secara bergantian oleh perwakilan komunias.

Beberapa lagu seperti Pohon Untuk Kehidupan ,Tanam Siram, Isi Rimba Tak Ada Tempat Untuk Berpijak mengudara membakar semangat para peserta, terlebih saat serentak menyanyikan lagi Indonesia Pusaka.

Selain itu, kegiatan lainnya adalah mempelajari pemanfaatan pengelolaan sampah organik dan anorganik untuk dapat diolah menjadi sumber daya baru yang bermanfaat bagi lingkungan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Alidona
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved