Breaking News:

Berita Eksklusif

Menurut PGRI, Gaji Guru Honorer Sudah Layak

Nemun demikian, menurutnya, penghasilan guru honorer, khususnya di Kota Balikpapan, sudah cukup lumayan bila dibanding daerah lain.

Penulis: tribunkaltim | Editor: Amalia Husnul Arofiati
TRIBUNKALTIM/GEAFRY NECOLSEN
Para guru di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau berkumpul mengikuti acara PGRI. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Rafan A Dwinanto, Rahmad Taufiq, dan Rudy Firmanto

TRIBUNKALTIM.CO - Bicara mengenai kesejahteraan guru honorer memang masih jauh dari harapan. Hal itu tidak dibantah Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Balikpapan Mukiran.

Nemun demikian, menurutnya, penghasilan guru honorer, khususnya di Kota Balikpapan, sudah cukup lumayan bila dibanding daerah lain.

Sebenarnya pihak pemerintah kota telah memberikan patokan mengenai standar gaji guru honorer, tetapi hal tersebut tidak mengikat alias keputusan akhir tergantung kemampuan keuangan setiap sekolah, tempat guru itu mengajar.

"Memang ada (standar gaji) honorer, tapi kita harus lihat juga keuangan setiap sekolah berbeda jadi tidak bisa sama rata," kata Mukiran.

Menurutnya gaji guru sudah termasuk cukup baik. Apalagi pemerintah kota dan provinsi juga ikut membantu dengan memberikan insentif setiap pengajar.

BACA JUGA: Ironis Gaji tak Cukup Penuhi Biaya Hidup, Guru Nyambi Tukang Pijat

"Jadi Pemkot bantu pemberian insentif sebesar Rp 700 ribu setiap bulannya, dan Pemprov bantu Rp 300 ribu itu semua guru dapat honorer, PNS, negeri dan guru sekolah swasta," katanya.

Walaupun begitu Mukiran tak mau memperinci berapa sebenarnya standar yang pemkot tetapkan untuk gaji seorang guru honorer.

Menurutnya saat ini ada hal yang lebih penting yakni soal status K2 atau guru yang telah menjadi honorer mulai tahun 2005 ke bawah yang hingga kini masih belum bisa diangkat menjadi p egawai negeri sipil (PNS).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved