Ujian Nasional

Kadisdik Targetkan Tahun Depan Semua Sekolah Ikut UNBK

Muhaimin mengungkapkan, pelaksanaan UN hari pertama sempat sedikit mengalami kendala.

Kadisdik Targetkan Tahun Depan Semua Sekolah Ikut UNBK
TRIBUN KALTIM / MARGARET SARITA
Ilustrasi - Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, bertandang ke SMUN 1 Sangatta melihat proses pelaksanaan UNBK di sekolah tersebut. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan sejauh ini pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs dan SMPLB, terutama UNBK di Balikpapan berjalan lancar.

"Alhamdulillah secara umum lancar. Tidak ada gangguan karena listrik juga tidak mati. Walaupun semua sekolah juga sudah dilengkapi genset tapi kita bersyukur tidak ada pemadaman listrik sesuai surat kita yang disampaikan PLN agar saat pelaksanaan UN tidak ada kendala," ujar Muhaimin ketika bertandang ke Kantor Tribun Kaltim di Jl Indrakila, Gunung Samarinda, Balikpapan.

UNBK dibagi tiga shift karena sudah ditentukan pemerintah. Misalnya jumlahnya 300 siswa berarti dibagi 100 siswa sebanyak tiga shift. Dengan kata lain sekolah harus menyediakan 100 komputer untuk digunakan siswanya.

Ditambah cadangan lima persen dari jumlah komputer yang ada.

Baca: Gara-gara Listrik Mati, UN pun Berlangsung hingga Malam

Muhaimin mengungkapkan, pelaksanaan UN hari pertama sempat sedikit mengalami kendala.

Secara mendadak jam setengah lima instruksi pusat menginstal ulang komputer karena ada sistem baru. Penginstalan ulang bisa selesai tepat waktu.

"Jam setengah 7 mereka ready, setengah 8 bisa jalan. Se-Indonesia kemarin itu. Jadi 13 sekolah yang ikut UNBK memang ada dipersiapkan tenaga-tenaga teknisnya," ujarnya.

Total sekolah yang ikut UNBK di Balikpapan ada 13 sekolah terdiri atas 10 sekolah negeri dan 3 sekolah swasta (SMP Patra Dharma 1, SMP Patra Dharma 2, dan SMP KPS).

"Target kita tahun depan UNBK semua. Kita minta seluruh sekolah negeri tahun depan itu harus UNBK karena memang lebih praktis," katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Afridho Septian
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved