Data Sementara, 1.187 Guru dan Tenaga Kependidikan akan Beralih Status ke Provinsi

Adapun nasib guru honorer, kata Ishak, akan menjadi urusan instansi Dinas Pendidikan Provinsi.

Data Sementara, 1.187 Guru dan Tenaga Kependidikan akan Beralih Status ke Provinsi
tribunkaltim.co/muhammad arfan
Para guru di kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Utara ketika mengikuti sebuah acara beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Berlakunya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, menuntut pengelolaan pendidikan menengah yang semula ditangani oleh kabupaten dan kota, beralih ke provinsi.

Di Kalimantan Utara (Kaltara), pengalihan pengelolaan pendidikan menengah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) praktis juga diberlakukan.

Data sementara yang dihimpun dari Biro Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltara, jumlah pegawai negeri sipil (PNS) yang menduduki jabatan guru dan tenaga kependidikan yang akan beralih status menjadi pegawai provinsi jumlahnya melebihi 1.000 orang.

“Kami sudah melakukan penyesuaian, sekarang masih terus berjalan,” kata Kepala BKD Provinsi Kaltara, Muhammad Ishak, Kamis (12/6/2016).

Persisnya, jumlah guru dan tenaga kependidikan yang tercatat akan beralih status menjadi pegawai provinsi ialah sebanyak 1.187 orang.

(Baca juga: Hindari Bayar Karcis Parkir, Jurus Pengunjung Pasar Ini Ternyata Manjur)

Jumlah itu belum termasuk dari Tana Tidung. Pasalnya, sampai saat ini daerah tersebut belum menytor data guru dan tenaga kependidikan yang akan dialihkan sesuai dengan yang diatur undang-undang.

“Kami sudah minta kepada Pemkab Tana Tidung agar segera diserahkan,” katanya.

Jumlah guru dan tenaga kependidikan dari Kabupaten Bulungan yang akan beralih status mencapai 325 orang, Kota Tarakan 368 orang, Kabupaten Nunukan 271 orang, dan Kabupaten Malinau 223 orang.

Dituturkan Ishak, batas waktu pengumpulan data guru dan tenaga kependidikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan berakhir di Juni nanti.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved