Ibadah Haji

Menag Sebut Penurunan Biaya Haji karena Harga Avtur Turun

Menteri Agama, Lukman Hakim Saefudin mengungkapkan turunnya biaya Haji tahun 2016 karena adanya penurunan bahan bakar avtur untuk pesawat.

Menag Sebut Penurunan Biaya Haji karena Harga Avtur Turun
Tribunnews.com/Hendra Gunawan
Beberapa calon jamaah haji sedang melengkapi berkas-berkas ibadah haji di Kantor Depag, Jakarta Selatan, Rabu (18/5/2016) 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Menteri Agama, Lukman Hakim Saefudin mengungkapkan turunnya biaya Haji tahun 2016 karena adanya penurunan bahan bakar avtur untuk pesawat.

"Nah penurunan biaya Haji tahun ini yang rata-rata sebesar 132 USD dibanding tahun lalu dihasilkan karena adanya penurunan harga avtur pesawat udara," ujar Lukman di Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (18/5/2016).

Diketahui, harga bahan bakar minyak jenis avtur telah turun dengan angka rata-rata Rp 143 per liter atau di kisaran Rp 5.490 per liter.

BACA JUGA:  Demi Melayani Tamu Allah, Petugas Ini Tabah Bertugas di Terik Matahari

Karena penurunan harga avtur tersebut, Lukman mengatakan Pemerintah langsung melakukan efisiensi di berbagai lini terkait penyelenggaraan Haji.

Lukman memberi contoh, misalnya biaya pemondokan di Mekkah yang sebelumnya seharga 4.500 Riyal menjadi 4.366 Riyal per orang.

Kemudian, lanjut Lukman, ada penurunan biaya darurat yang pada tahun lalu dialokasikan sebesar Rp100 miliar, untuk tahun ini menjadi sebesar Rp40 miliar.

BACA JUGA: Jemaah Haji Boleh Bawa Pulang Air Zamzam Hanya Lima Liter

"Tahun ini karena semua relatif sudah kami prediksikan, jadi semakin kami perkecil antisipasi munculnya kondisi darurat itu," tutur Lukman.

Lukman juga mengatakan penurunan harga bahan bakar minyak jenis avtur tersebut juga berdampak positif pada peningkatan kualitas penyelenggaraan haji terkait penyediaan makanan untuk peserta haji.

"Tentu kualitasnya justru kami tambah. Misalnya pengadaan makanan di Mekkah. Tahun lalu hanya sekali sehari, tahun ini dua kali sehari. Lalu akomodasi di Mekkah-Madinah, hotel berbintang tiga, bus-bus yang di-upgrade itu kami pertahankan kualitasnya yang memang sekarang sudah baik," kata Lukman. (*)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim

Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved