Breaking News:

Polri Diminta Beri Apresiasi ke Polisi Teladan dan Jujur

Bripka Seladi menjadi salah satu potret nyata polisi teladan yang lebih memilih menjadi pemulung daripada menerima suap saat bertugas.

Editor: Trinilo Umardini
SURYA MALANG/ SRI WAHYUNIK
Inilah pekerjaan sehari-hari Bripka Seladi. Di luar jam dinas, ia menjadi pengumpul sampah. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Kepolisian RI diharapkan lebih memperhatikan dan mengapresiasi kinerja polisi teladan dengan bertindak jujur dalam melaksanakan tugasnya.

Bripka Seladi menjadi salah satu potret nyata polisi teladan yang lebih memilih menjadi pemulung daripada menerima suap saat bertugas.

Pendidikan kepada seluruh personel Polri harus merata dan memperhatikan pula aspek integritas. Dengan cara itu, diharapkan apa pun pangkatnya, seorang anggota Polri bisa meningkatkan jenjang karir dan juga kesejahteraannya.

"Ketika ada peluang pendidikan, mereka harusnya prioritas bukan orang-orang yang cari muka, yang nyuap yang ikut pendidikan," kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S. Pane saat dihubungi Kompas.com, Kamis (19/5/2016).

Baca: Daripada Terima Sogokan, Bripka Seladi Pilih Sambi Jadi Tukang Sampah

Neta mengatakan, polisi jujur yang mencari uang tambahan dengan cara halal cukup banyak ditemui di daerah. Namum, selama ini mereka tidak pernah mendapt perhatian dari kesatuannya.

Dia mencontohkan polisi teladan di daerah Depok yang tak mendapat apresiasi dari Polri. Polisi itu tetap tegas menilang siapa saja yang melanggar aturan lalu lintas, termasuk sang istri. Namun, hingga kini ia tak kunjung lulus untuk mengikuti pendidikan kepolisian.

"Dia itu selesai masa dinas jadi guru di perbatasan Depok dengan Bogor. Padahal, kalau kita lihat, selain jadi guru juga ngajar di universitas swasta. Artinya, secara kualitas dia sebenarnya mumpuni," ucap Neta.

Menurut dia, sudah saatnya setiap atasan di Polri memperjuangkan polisi teladan. Mereka diharapkan bisa menjadi contoh lahirnya polisi-polisi jujur.

Sebelumnya, Bripka Seladi, anggota polisi di Polres Malang Kota menyambi pekerjaan menjadi pengumpul sampah demi mendapat uang tambahan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved