News Analysis

Ciri Lokal tak Terlihat pada Desain Arsitektur BIC

Pemerataan pembangunan kota bisa terlihat. BIC hadir diharapkan menjadi pusat kegiatan keagamaan khususnya umat Islam.

Ciri Lokal tak Terlihat pada Desain Arsitektur BIC
TRIBUN KALTIM/CORNEL DIMAS SATRIO KUSBIANANTO
Wahyullah Bandung 

Wahyullah
Pengamat Perkotaan

DILIHAT dari posisi atau lokasinya, Balikpapan Islamic Center (BIC) yang berada Jalan Belibis, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan kurang strategis.

Mestinya bangunan yang menjadi ikon Kota Balikpapan itu berada di daerah baru, sehingga ke depannya kawasan sekitar BIC berkembang menjadi kota baru.

Lokasi BIC saat ini cukup padat dan berada di kawasan permukiman. Secara kontur juga lahan dipakai tidak rata sehingga menambah biaya konstruksi.

Dalam teori kota, ada namanya titik-titik simpul baru kota. Pemerintah punya kekuasaan membangun daerah baru dengan aturan lewat RTRW dan piranti-piranti yang dimiliki. Kesempatan juga ada lewat penentuan anggaran yang dapat dilakukan.

Baca: Ide BIC Mirip Masjid Nabawi Dihasilkan dari Shalat Istikharah Pengurus MUI

Menjadi pertanyaan dengan semua kewenangan yang pemerintah miliki saat ini tidak mencari daerah baru yang relatif datar dan menjadi titik pertumbuhan kota baru, seperti kawasan Balikpapan Utara atau Timur. Bukan di tengah-tengah kota seperti saat ini. Jika BIC berada di wilayah yang bisa menjadi magnet pertumbuhan baru, sehingga kepadatan kota dapat dikurangi.

Pemerataan pembangunan kota bisa terlihat. BIC hadir diharapkan menjadi pusat kegiatan keagamaan khususnya umat Islam. Bayangan saya seluruh kegiatan bisa terakomodir dengan adanya BIC.

Tapi okelah karena BIC telah dibangun harapannya untuk bangunan publik lainnya bisa dibangun tidak mengulangi kejadian yang sama.

Dari sisi arsitektur bangunan BIC tidak ada bedanya dengan Islamic Center yang ada di kota lainnya seperti Samarinda. Tidak memiliki ciri khas mewakili Balikpapan.

Halaman
12
Penulis: Budi Susilo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved