Info Kebakaran Hoax, Petugas Pemadam Ucapkan Syukur

Ratusan petugas pemadam kebakaran tertipu dengan informasi kebakaran dari masyarakat.

Info Kebakaran Hoax, Petugas Pemadam Ucapkan Syukur
TRIBUN KALTIM / CHRISTOPER DESMAWANGGA
Sejumlah petugas pemadam kebakaran siaga di sekitar simpang 3 Makroman, sambil mencari titik api kebakaran, Jumat (10/6/2016). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Ratusan petugas pemadam kebakaran tertipu dengan informasi kebakaran dari masyarakat.

Informasi mengenai adanya kebakaran di sekitar kawasan Makroman, diterima oleh BPBD kota Samarinda, Balakar dan sejumlah LSM relawan sekitar pukul 19.30 Wita.

Bahkan, foto pemukiman terbakar juga tersebar di di media sosial, dan tak sedikit pengguna Blackberry Massenger (BBM) yang menjadikan foto tersebut sebagai Display Picture (DP).

Petugas pemadam pun bergegas untuk mencapai lokasi kejadian yang dimaksud. Namun sesampainya di lokasi, asap pun tak tampak disekitar kawasan Makroman.

Beberapa petugas pemadam pun melakukan pencarian hingga Sungai Meriam, Kutai Lama dan Anggana yang masuk dalam kawasan Kutai Kartanegara. Namun, tidak ditemukan adanya kebakaran.

"Alhamdulillaah, tidak ada kebakaran. Kami sudah sisir disekitar kawasan Makroman ini, negatif terjadinya kebakaran," Ungkap Staf Pengelola Data Bencana BPBD Kota Samarinda, Nanang Arifin, Jumat (10/6/2016).

Jarak antara posko terdekat dengan Makroman yang cukup jauh, membuat sejumlah relawan harus rela tertipu dengan informasi tersebut. Namun mereka tetap bersyukur dengan tidak adanya kebakaran.

"Kami selalu ingin cepat datang ke lokasi untuk lakukan pemadaman. Tapi masyarakat harus beri informasi yang akurat, karena datang ke lokasi ini taruhannya nyawa. Bisa saja diperjalanan terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan," tuturnya.

Setelah kurang lebih 1 jam melakukan pencarian terhadap titik api, pemadam dan relawan lainnya pun memutuskan untuk kembali ke markas masing-masing.

"Kami pastikan negatif adanya kebakaran. Jadi kami putuskan untuk kembali ke markas masing-masing," tutupnya. (*)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved