Breaking News:

Tak Catat Semua Aset, Opini Laporan Keuangan Kota Ini Turun dari WTP jadi WDP

Hasil opini WDP terhadap Laporan Keuangan Pemkot Tarakan ini diserahkan langsung oleh Kepala BPK Provinsi Kaltara Ade Iwan Ruswana.

TRIBUN KALTIM/JUNISAH
Sekkot Tarakan Khairul (kiri) menerima hasil audit opini terhadap laporan keuangan Pemkot Tarakan dari Kepala BPK Provinsi Kaltara Ade Iwan Ruswana, Jumat (10/6/2016) di Kantor BPK Provinsi Kaltara di Kota Tarakan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Laporan Keuangan Pemkot Tarakan tahun 2015 mendapat penilaian menurun dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kaltara yaitu Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Padahal tiga tahun berturut-turut mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Hasil opini WDP terhadap Laporan Keuangan Pemkot Tarakan ini diserahkan langsung oleh Kepala BPK Provinsi Kaltara Ade Iwan Ruswana kepada Sekretaris Kota (Sekkot) Tarakan Khairul, Jumat (10/6/2016) di Kantor BPK Provinsi Kaltara di Kota Tarakan.

Menurut Kepala BPK Provinsi Kaltara Ade Iwan Ruswana yang mempengaruhi penurunan ini, karena ada beberapa sebab diantaranya, Pemkot Tarakan belum mencatat semua aset, seperti tanah dan ruas atau badan jalan. Tidak ada pencatatan biaya penyusutan dan akumulasi penyusutan aset tetap.

Baca: Kutai Timur Raih WTP, Bupati: Berkat Kerja Sama Semua Pihak

“Hampir 108 ruas jalan belum tercatat dan kita pun tidak mengerti nilainya ini berapa. Karena tidak mengerti nilainya inilah akhirnya kita tidak koreksi. Kalau kita mengerti nilai dan luasannya akan kita koreksi. Jadi kita meminta Pemkot yang menginventarisir dulu nilainya berapa NJOP-nya,” ucapnya

Sementara itu, Sekkot Tarakan Khairul mengatakan, sebenarnya pihaknya telah mengupayakan proses pencatatan aset jalan dan tanah beberapa bulan ini. Namun karena banyaknya aset yang direvitalisasi ulang akhirnya tidak cukup waktu untuk tahun ini menyelesaikannya.

Baca: Nunukan Akhirnya Dapat Opini WTP dari BPK

“Mudah-mudahn proses ini masih terus berlangsung dan berjalan. Teman-teman Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), terutama di bagian aset tetap berjaan melakukan perbaikan-perbaikan. Semoga tahun depan opini kita bisa kembali menjadi WTP,” ujarnya. (*)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim

Penulis: Junisah
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved