Disnakeswan Sidak Pedagang Pasar

Kepala Disnakeswan Berau Gazali saat ditemui di sela-sela sidak mengatakan, kegiatan ini digelar secara rutin setiap tahun.

Disnakeswan Sidak Pedagang Pasar
TRIBUN KALTIM/GEAFRY NECOLSEN
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Berau, Kamis (23/6/2016) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pedagang di Pasar Sanggam Adji Dilayas, yang juga menjadi sentra penjualan daging dan telur ayam, daging kambing dan sapi. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Berau, Kamis (23/6.2016) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pedagang di Pasar Sanggam Adji Dilayas, yang juga menjadi sentra penjualan daging dan telur ayam, daging kambing, dan sapi.

Petugas yang terdiri dari jajaran Polres Berau, Satpol PP, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Kesehatan itu juga mengambil beberapa sampel produk daging tersebut untuk memastikan tidak ada pedagang nakal yang menjual produk peternakan yang tak higienis, maupun oknum pedagang yang menggunakan bahan kimia berbahaya bagi manusia.

Kepala Disnakeswan Berau Gazali saat ditemui di sela-sela sidak mengatakan, kegiatan ini digelar secara rutin setiap tahun, terutama saat menjelang hari Idul Fitri dan Idul Adha. Saat itu, kebutuhan protein hewani meningkat drastis karena konsumsi daging cenderung meningkat.

Baca: Pengunjung Pasar Sanggam Meningkat 20 Persen

“Kami melakukan pengawasan kelayakan daging yang dijual, ada beberapa tempat yang kami ambil sampelnya. Dari pedagang ayam potong, ayam petelur, ayam kampung, dan daging sapi kita ambil semua sampelnya untuk tes laboratorium, termasuk di tempat-tempat penggilingan daging untuk mengatahui, apakah mengandung bakteri dan zat kimia berbahaya,” kata Gazali. (*)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved