Berita Pemkab Penajam Paser Utara

1 Ons Buah Sawit Bisa Dipakai Selama 2 Jam

Johan, dari PT Banyu Lancar Unggul Engenering (Blue) mengatakan, daya listrik yang dihasilkan ini karena akibat dari panas sehingga dikonversi men

1 Ons Buah Sawit Bisa Dipakai Selama 2 Jam
HO

- Perusda dan PT Blue Ciptakan Kompor Ramah Lingkungan
- Selain Memasak bisa Digunakan untuk Mencharge  Handpone

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Perusda Benuo Taka bersama PT Blue (Banyu Lancar Unggul Engeneering) membuat kompor berbahan  bahan bakar buah kelapa sawit.

Bahkan kompor ini bisa menjadi alternatif bagi masyarakat khususnya yang kurang mampu. Bahkan teknologi tepat guna ini,. selain bisa digunakan untuk memasak, juga bisa menghasilkan daya listrik sehingga bisa digunakan untuk penerangan.

Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar akan mendorong agar kompor yang menggunakan kelapa sawit  bisa digunakan masyarakat karena menjadi salah satu solusi mengatasi kesulitan ekonomi yang digadapi saat ini.

"Kompor ini sangat  aman dan ramah lingkungan bahkan bahan bakar mudah karena hanya menggunakan kelapa sawit," jelas Yusran, disela-sela demo penggunaan kompor tersebut.

BACA JUGA

Bukan hanya itu lanjutnya, kompor tersebut juga tidak perlu perawatan  karena  tidak mengguanakan sumbu sehingga sangat gampang dimatikan setelah tidak digunakan lagi.

Bahkan harganya yang ditawarkan cukup murah karena hanya Rp 150.000. Untuk itu, Yusran akan mendorong terutama kepada pengurus PKK di kecamatan sampai desa/kelurahan, untuk mensosialisasikan  kepada masyarakat terkait keberadaan kompor ini.

Karena kompor ini selain bisa digunakan untuk memasak, juga bisa menghasilkan daya listrik, "Ini merupakan ide cemerlang sehingga perlu diberikan apresiasi , apalagi ini untuk mendorong kemajuan serta memudahkan masyarakat terutama saat melakukan aktivitas di rumah.Saya selalu katakan harus ada inovasi dan akan terus mendorong agar ada inovasi dari orang lain termasuk kompor ini," ucapnya.

Johan, dari  PT Banyu Lancar Unggul Engenering (Blue)  mengatakan, daya listrik yang dihasilkan ini karena akibat dari  panas  sehingga dikonversi menjadi  listrik.

Halaman
12
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved