Vaksin Palsu Beredar

Kepala Dinas Kesehatan Imbau Orangtua Berikan Vaksin Anak di Puskesmas

Ia pun tak bisa memastikan bahwa peredaran vaksin palsu telah sampai di Kota Balikpapan karena pemeriksaan belum selesai.

Kepala Dinas Kesehatan Imbau Orangtua Berikan Vaksin Anak di Puskesmas
TRIBUN KALTIM / ALFIANSYAH
Puskemas Manggar Baru, Balikpapan 

Laporan Wartawan TribunKaltim.co Rudy Firmanto

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN - Terkuaknya kasus pemalsuan vaksin yang sedang ramai diperbincangkan beberapa hari terakhir sepertinya berbuntut panjang.

Pemerintah lewat Kementerian Kesehatan memberikan intruksi kepada Balai Pengawas Obat dan Makanan bersama dinas kesehatan di masing-masing daerah untuk melakukan pemeriksaan ulang vaksin yang telah beredar di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik dan Apotek.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Balerina saat ditemui Tribun Kaltim di ruang kerjanya.

"Benar, sejak kemarin (Senin) DKK bersama BPOM kita datangi kembali tempat sebaran vaksin seperti Klinik Apotek hingga Rumah Sakit untuk memastikan bahwa vaksin yang bereda tidak termasuk yang bermasalah seperti yang terungkap di pusat," katanya.

BACA JUGA: Menkes Geram, Pelaku Pemalsu Vaksin Pantas Dihukum Mati

Ia pun tak bisa memastikan bahwa peredaran vaksin palsu telah sampai di Kota Balikpapan karena pemeriksaan belum selesai.

"Belum tahu ya ada atau tidaknya, sebab masih turun lapangan ini, mungkin Jumat hasil sudah bisa kita ketahui tapi nanti biar BPOM saja yang mengumumkan karena memang kewenangan mereka kita hanya mendapat laporan saja soal hasilnya yang selanjutnya kita bawa ke tingkat provinsi," katanya.

Bicara mengenai prosedur Balerina mengatakan selama ini DKK dalam mendapatkan vaksin tidak melakukan pengadaan secara mandiri melainkan mendapatkan dari Dinas Kesehatan Provinsi yang sebelumnya dikirimkan dari pemerintah pusat.

"Tidak ada kita pengadaan vaksin sendiri, semua sudah ditentukan oleh pusat. Kita tinggal buat laporan butuh berapa nanti tinggal mengambil di Dinas Kesehatan Provinsi mereka sudah siapkan. Semua tercatat walaupun satu botol," katanya.

Halaman
12
Penulis: Rudy Firmanto
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved