Momentum Arus Balik, Satpol PP Bakal Seleksi Pendatang

Ketika dikaitkan dengan Perda, mereka akan diminta agar ada orang yang bersedia menjaminkan.

Momentum Arus Balik, Satpol PP Bakal Seleksi Pendatang
IST
Ilustrasi - Jalanan macet karena banyak yang mudik. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Muhammad Afridho Septian

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pasca Idul Fitri, tepatnya pada masa arus balik, Satpol PP Kota Balikpapan berencana untuk menyeleksi para pendatang yang mendarat di Kota Minyak.

"Nanti kita laksanakan itu, tapi kita melihat arus balik. Jadi orang masuk Balikpapan itu kita seleksi lah. Artinya kalau mereka datang ke sini dengan dokumen yang sah itu tidak apa-apa. Tapi jangan sampai nanti masuk ke Balikpapan identitasnya tidak jelas. Jadi harus jelas asal-usul dan tujuannya," ujar Kepala Satpol PP Kota Balikpapan, Freddy Pasaribu.

Ia mengungkapkan, karena tidak memungkinkan menyeleksi sekaligus para pendatang yang masuk, maka nantinya para personel akan ditempatkan serta menyisir lokasi-lokasi yang dianggap strategis. Seperti pelabuhan, kost, serta ruas-ruas jalan.

"Nanti itu secara acak, namun rutin. Jadi tempatnya berbeda-beda. Nanti kita tanya tujuannya ke mana. Kalau itu tujuannya di luar Balikpapan ya tidak apa-apalah. Karena tujuannya disana. Tapi kalau dia ke Balikpapan kita tanya Balikpapannya di mana, tujuannya apa, kerja apa tidak. Seperti itu," kata Freddy.

Setelah itu jikalau ada temuan, ketika dikaitkan dengan Perda, mereka akan diminta agar ada orang yang bersedia menjaminkan.

"Nanti kalau tidak ada baru kita ambil tindakan lain. Orang datang kesini kalau ada identitasnya kan sah-sah saja," tukasnya. (*)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim

Penulis: Muhammad Afridho Septian
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved