Kesehatan

Sedang Bikin Kue Kering, Awas Jangan Cicipi Adonannya, Bahaya!

Menurut laporan baru dari Food and Drug Administration (FDA), kita sebaiknya berhenti mencicipi adonan kue kering sama sekali.

Sedang Bikin Kue Kering, Awas Jangan Cicipi Adonannya, Bahaya!
Thinkstock
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Terkadang kita tergoda untuk mencicipi adonan kue kering sebelum dipanggang. Selain bisa berbahaya terpapar salmonella dari telur mentah, FDA memperingatkan bahaya lain dari adonan tersebut.

Menurut laporan baru dari Food and Drug Administration (FDA), kita sebaiknya berhenti mencicipi adonan kue kering sama sekali.

Pekan ini badan pengawasan obat dari AS itu mengeluarkan peringatan bahaya mengonsumsi adonam mentah, yang tak ada hubungannya dengan telur mentah. Ternyata, bahaya dari adonan mentah itu ada pada tepung yang dapat mengandung bakteri yang membuat kita sakit.

Biji-bijian pembuat tepung langsung didatangkan dari ladang. Menurut FDA, biji tersebut tidak dibersihkan dulu untuk membunuh kuman. Jadi, mungkin saja hewan yang ada di ladang buang kotoran dan mencemari biji-bijian. Ujungnya, biji yang bakal diolah jadi tepung itu terkontaminasi bakteri E. coli.

Baca: Kue Kering Enak dan Renyah, Ini Teknik Pembuatannya

Laporan tersebut menyebutkan, lusinan kasus keracunan makanan di seluruh AS yang ada hubungannya dengan mengonsumsi adonan mentah yang mungkin mengandung turunan bakteri E. coli.

FDA menghubungkan beberapa kasus ini dengan merek tepung General Mills, yang menarik kembali 4,5 juta kg tepung yang dijual dengan merek Gold Medal, Signature Kitchen's dan Gold Medal Wondra.

Baca: Agar Kue Kering Mengembang Sempurna

Bila terinfeksi bakteri ini, Anda mungkin mengalami diare dan kram perut. Karena itu, berhentilah untuk tergoda mencicipi manisnya adonan kue kering sebelum dipanggang.

Rasa manisnya tak sepadan dengan sakit yang mesti ditanggung. (Dhorothea)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim


Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved