MUI Ingatkan Umat Islam segera Tunaikan Zakat Fitrah, Ini Batas Akhirnya

Untuk tahun 2016 atau 1437 Hijriah ini, besaran zakat fitrah adalah seberat 2,5 kilogram beras atau senilai Rp 32.000.

MUI Ingatkan Umat Islam segera Tunaikan Zakat Fitrah, Ini Batas Akhirnya
TRIBUNKALTIM.CO/MUHAMMAD AFRIDHO SEPTIAN
Sekretaris MUI Cabang Kota Balikpapan, H.M. Jailani 

Laporan wartawan TribunKaltim.co, Muhammad Afridho Septian

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cabang Kota Balikpapan melalui Sekretarisnya H. M. Jailani kembali mengingatkan setiap umat Islam agar segera menunaikan zakat fitrahnya.

“Zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Jadi, bagi yang belum membayar zakat agar segera membayarnya,” ujarnya kepada TribunKaltim.co.

Untuk pembayaran zakat fitrah, menurut hukumnya masih diperbolehkan hingga terbit fajar pada 1 Syawal menjelang shalat Idul Fitri.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan sendiri telah memutuskan besaran zakat fitrah sebelum Ramadhan bersama tokoh-tokoh dan organisasi Islam.

Untuk tahun 2016 atau 1437 Hijriah ini, besaran zakat fitrah adalah seberat 2,5 kilogram beras atau senilai Rp 32.000.

BACA JUGA: Dekat dengan Terminal, Jasa Raharja Fokuskan Layanan di Batu Ampar agar Dekat dengan Pemudik

Lebih lanjut Jailani menjelaskan, jenis zakat terbagi ke dalam dua jenis, yang pertama adalah zakat fitrah, di mana jenis zakat ini wajib dikeluarkan setiap muslim.

“Zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh setiap diri pribadi dan saat Ramadhan hingga Idul Fitri sebagai pembersih jiwa dan membersihkan amalan-amalan di bulan suci Ramadhan. Jadi, zakat fitrah itu adalah zakat jiwa yang wajib dikeluarkan setiap umat Islam,” kata Jailani menjelaskan.

Kemudian jenis zakat selanjutnya adalah zakat harta (mal), yaitu bermacam-macam jenis seperti zakat tambang, perak, pertanian, perkebunan dan zakat penghasilan yang sudah mencapai nisabnya yakni Rp 40 juta.

“Zakat harta ini dikeluarkan dengan ketentuan apabila harta yang dimiliki itu sudah mencukupi nisab. Mencapai nisab itu maksudnya batas minimal atau standar secara nasional berupa 85 gram emas jika diuangkan sekitar Rp 40 juta yang dimiliki setiap muslim. Ada juga yang berpendapat satu nisab berupa 92 gram emas yang dimilikinya. Tapi Baznas Balikpapan menentukan 85 gram,” ujarnya lagi.

Dia melanjutkan, besaran zakat harta yang wajib dikeluarkan sebesar 2,5 persen dari harta yang dimilikinya. Kemudian, harta yang dimiliki juga harus memenuhi syarat satu tahun.

“Jadi misalnya punya uang Rp 40 juta namun utuhnya tidak sampai satu tahun, maka tidak wajib zakat,” kata Jailani. (*)

***
Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.
Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim


Penulis: Muhammad Afridho Septian
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved