Arus Balik Lebaran

Puncak Arus Balik, Jalur Balikpapan-Samarinda Terpantau Padat

Arus kendaraan terpantau ramai lancar hingga memasuki daerah Taman Hutan Rakyat Bukit Soeharto

IST
Ilustrasi - Jalanan macet karena banyak yang mudik. 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Afridho Septian

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Hari terakhir sebelum berakhirnya cuti bersama, arus balik mulai terasa di ruas-ruas jalan utama.

Dari pantauan Tribunkaltim.co hampir semua bus yang menuju dan dari Balikpapan terlihat penuh. Hampir tak tampak kursi penumpang yang kosong, hal ini disebabkan oleh arus balik yang terjadi pasca lebaran Idul Fitri.

Arus kendaraan terpantau ramai lancar hingga memasuki daerah Taman Hutan Rakyat Bukit Soeharto dimana peningkatan jumlah volume kendaraan dalam arus mudik sangat terasa.

Akibat kendaraan yang mengular panjang tersebut, kendaraan-kendaraan bermuatan berat seperti pikap, bus, dan truk mau tak mau mengurangi kecepatannya. Walhasil, kendaraan berat tersebut kepayahan untuk menaiki dan menyebabkan antrian panjang lainnya di belakang kendaraan mereka.

baca juga : Hari Ini Puncak Arus Balik, Begini Strategi Jasa Marga untuk Mengurai Kemacetan

Selain itu sesekali terlihat beberapa kendaraan dinas yang mondar-mandir di jalan raya poros Samarinda-Balikpapan. Namun mayoritas kendaraan masih didominasi oleh kendaraan pribadi.

Pemudik yang pulang menuju kotanya masing-masing juga banyak yang menggunakan motor roda dua. Diperkirakan kenaikan jumlah motoris ini meningkat antara 150 hingga 200 persen dari hari-haru biasanya.

Mayoritas dari para pengendara roda dua ini adalah rombongan pemuda berumur produktif antara 20 hingga 35 tahun. Mereka berangkat menuju kota dimana mereka bekerja atau bersekolah dengan rombongan motor yang terdiri dari mulai dari dua atau tiga hingga belasan motor.

baca juga : Cegah Kemacetan, Polisi Bentangkan Tali Rafia

Spot-spot pemberhentian para pengendara juga terpantau penuh sesak. Seperti di area Warung Panjang KM. 54 dan Tahu Sumedang. Bahkan kepadatan di titik-titik tersebut sampai menyebabkan kemacetan. Hal ini karena banyaknya kendaraan yang parkir dan keluar masuk di area tersebut.

Mendekati pusat kota Balikpapan, tepatnya di daerah kilometer 14 hingga pertigaan Kariangau, arus kendaraan dari dua arah pun tampak padat namun tetap berjalan dengan lancar. Kendaraan mengular namun roda-roda kendaraan tetap bergulir tanpa perlu berhenti terlalu lama. (*)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved