Parenting

Inilah Curhatan Ibu Muda Cantik Hadapi Kelainan Langka TCS pada Putri Tunggalnya, Sungguh Sabar

Yola Tsagia bahkan malu atas kelainan TCS anaknya sehingga sempat menutup diri dari pergaulan. Lalu, apa yang kemudian membuat dia bangkit?

Hand-over
Yola Tsagia 

DUNIA sempurna yang ada di sekeliling Yola Tsagia (33 tahun), seakan mendadak runtuh ketika putrinya, Odilia Queen Lyla (7 tahun), diketahui memiliki kelainan langka bernama Treacher Collins Syndrome (TCS).

Yola Tsagia bahkan malu atas kelainan anaknya sehingga sempat menutup diri dari pergaulan. Lalu, apa yang kemudian membuat bungsu dari dua bersaudara ini bangkit dari keterpurukan?

Mampukah kita setabah dan sekuat ibu muda cantik ini saat menghadapi masalah berat seperti derita Odil?

Treacher Collins Syndrome (TCS) adalah kelainan langka, si penderita memiliki wajah yang khas seperti penderita down syndrome.

Sebagaimana dikutip www.TribunKaltim.co dari Tabloidnova.com, TCS memiliki mata yang turun dan kepala kecil. Kerusakannya ada di kranial facial, yaitu bagian depan tengkorak sampai leher. Kemudian ada atresia dan microtia, yaitu kondisi kupingnya yang tidak terbentuk.

Namun, untuk Odil, kupingnya terbentuk. Telinga bagian tengahnya tertutup akibat lubangnya kecil. Jadinya, Odil mengalami hearing loss (kehilangan pendengaran, Red). Kemudian dalam pertumbuhannya, TCS tidak ada tulang pipi atau zygoma.

Yola Tsagia (hand-over/dokumentasi pribadi/TabloidNova.com)

BACA JUGA:  Miris, Bocah Dicha Pengidap Hemofilia Kini Terbaring di RS, Tiga Saudaranya Berpulang Lebih Dulu

Akibatnya, ia sering sesak napas karena sistem pernapasannya terganggu akibat wajahnya yang kecil. Ditambah dengan kondisi high arched palate atau langit-langit mulut tinggi. Tak heran ketika minum susu atau makan Odil kadang tersedak.

TCS merupakan kelainan genetika yang diwariskan orangtua kepada anaknya. Tetapi, ada penelitian yang mengatakan bahwa 40 persen kasus TCS diturunkan dan 60 persen akibat mutasi sendiri.

Ketika tahun 2008 hamil Odil, aku rajin memeriksakan kandungan dan meminum vitamin yang diberikan dokter. Pada minggu pertama kehamilan, ada flek sehingga aku memutuskan berhenti bekerja.

Usia 36 minggu, aku mengalami pecah ketuban. Odil lahir 8 Desember 2008, prematur, berat 2.350 gram dan panjang 45 sentimeter. Proses persalinannya bisa dibilang lancar karena berjalan normal dan tak butuh waktu lama. Aku masuk Rumah Sakit jam 10 malam dan jam 6 pagi Odil lahir.

Belum terlihat ada sesuatu yang berbeda pada Odil, karena prematur dia sempat masuk NICU. NICU (Neonatal Intensive Care Unit) adalah unit perawatan intensif untuk bayi baru lahir yang memerlukan perawatan khusus.

BACA JUGA: Sungguh Aneh. . . Agar Sembuh dari Penyakit Asma, Ribuan Orang Rela Menelan Ikan Hidup

Kami baru pulang setelah Odil dirawat selama 5 hari, kondisinya bagus menurut dokter. Odil enggak bisa minum susu secara langsung, jadi aku kasih ASIP (air susu ibu perahan). Saat minum sering keselek, tapi kami belum menganggap itu masalah serius. Ketika dikonsultasikan dengan dokter, pun enggak bilang apa-apa.

Halaman
1234
Sumber: Nova
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved