Pendaftaran Sekolah

Calon Siswa Serbu Sekolah Favorit, Daftar Langsung Lebih Hemat

Wanita berusia 41 tahun itu rela tidak berjualan pakaian demi mengantre panjang menemani anaknya mendaftar sekolah di jurusan Teknik Komputer.

Penulis: Budi Susilo | Editor: Amalia Husnul Arofiati
tribunkaltim.co/budi susilo
Sejumlah orangtua dan calon siswa memadati ruang kelas untuk antre melakukan pendaftaran siswa baru di SMKN 2 Balikpapan, Senin (11/7/2016). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sejak pagi, Mijah menemani anaknya mendaftar ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) Negeri 2 Balikpapan.

Berjam-jam menunggu antrean, akhirnya selesai juga mengurus berkas persyaratan penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara online, Senin (11/7/2016).

Wanita berusia 41 tahun itu rela tidak berjualan pakaian demi mengantre panjang menemani anaknya mendaftar sekolah di jurusan Teknik Komputer.

Rasa lelah Mijah terbayar, setelah berkas persyaratan anaknya sudah dimasukan dalam data komputer secara online.

"Dibilang capek ya capek. Tapi kalau sudah berhasil sudah tidak terasa capek. Sekarang tinggal tunggu kelulusannya saja. Semoga anak saya diterima," ungkapnya kepada Tribun yang saat itu mengenakan jilbab abu-abu.

BACA JUGA: Ingin Anaknya Masuk Sekolah Favorit, Orangtua Goda Kepala Sekolah dengan Uang Puluhan Juta

SMKN 2 Balikpapan termasuk sekolah kejuruan favorit yang banyak dikerubungi calon siswa.

Di Balikpapan ada beberapa sekolah yang menjadi idola calon siswa, di antaranya SMAN 1, SMAN 2, SMAN 5, SMKN 1 dan SMKN 2.

Pantuan Tribun, beberapa orangtua siswa sampai rela duduk lesehan di depan kelas.

Ada juga yang berdiri berjam-jam menanti panggilan giliran antrean verifikasi berkas. Pihak sekolah memfasilitasi pendaftaran secara online secara gratis dengan lima pilihan sekolah negeri.

Satu di antara calon siswa, Sohid Ahwandi (17) mengaku lebih memilih datang langsung ke sekolah pilihannya ketimbang pergi ke warung internet yang dianggap memboroskan uang, bahkan justru merasa membingungkan.

BACA JUGA: Antre PPDB Online, Orangtua Siswa Lesehan di Depan Kelas

"Kalau langsung ke sekolah yang operasikan online dari pihak sekolah. Saya tidak bingung lagi. Mana gratis, tidak perlu keluar uang," ungkapnya ditemani sang kakak.

Kali ini, Sohid memilih peruntungannya di sekolah negeri dengan memilih SMKN 2 Balikpapan jurusan ilmu Teknik Komputer agar kelak dirinya bisa terjun langsung ke dunia kerja yang menurutnya, pasar kerja bidang komputer sangat terbuka luas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved