Ibadah Haji

Ini Kriteria Pengganti dari Jemaah Calon Haji yang Tidak Melunasi BPIH

Calon haji yang tidak melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) akan diganti dengan calon haji lainnya yang menempati daftar tunggu.

Ini Kriteria Pengganti dari Jemaah Calon Haji yang Tidak Melunasi BPIH
Tribunnews.com/Hendra Gunawan
Beberapa calon jamaah haji sedang melengkapi berkas-berkas ibadah haji di Kantor Depag, Jakarta Selatan, Rabu (18/5/2016) 

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Rafan A Dwinanto

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Calon haji yang tidak melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) akan diganti dengan calon haji lainnya yang menempati daftar tunggu.

Mekanismenya, kuota jemaah yang tidak kunjung melunasi akan dilaporkan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kaltim ke Kementerian Agama.

"Selanjutnya, Kementerian Agama akan mengembalikan kuota tersebut ke daerah agar diisi jemaah yang berada di daftar tunggu," kata Kepala Kantor Kemenag Kaltim, HM Saifi, Senin (11/7/2016).

Namun, Saifi mengaku tidak hafal jumlah jemaah yang tidak melunasi BPIH. Sementara, alasan jemaah tidak melunasi BPIH pun beragam. Contohnya sakit, hamil, dan persoalan imigrasi.

BACA JUGA: Demi Menjaga Keselamatan Para Jemaah Haji, Arab Saudi Meluncurkan Gelang Elektronik

"Yang jelas ada beberapa yang tidak melunasi BPIH. Jumlahnya saya tidak hafal," katanya lagi.

Jamaah di daftar tunggu yang berusia 75 tahun lebih atau yang menjadi pendamping istri/suami atau orangtua mendapat prioritas untuk menggantikan slot yang ditinggalkan jemaah yang tak melunasi BPIH.

Sekadar informasi BPIH untuk Embarkasi Haji Balikpapan sama nilainya dengan BPIH Banjarmasin yakni senilai Rp 37.583.508.

Besaran BPIH ini hanya lebih kecil dari Embarkasi Makassar dan Lombok masing-masing Rp 38.905.808 dan Rp 37.728.961. (*)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim


Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved