Begini Caranya Agar Bayi Tak Terus Bangun di Malam Hari

Untuk menghindari hal tersebut, Mama bisa mencoba cara agar bayi tidak bagun di malam hari berikut in

Begini Caranya Agar Bayi Tak Terus Bangun di Malam Hari
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO - Di awal kehidupannya, bayi memang belum paham betul mengenai perbedaan antara siang dan malam.

Hal ini membuat bayi bisa tidur dan bangun kapan saja.

Tentu Mama sudah mengetahui bahwa salah satu tantangan memiliki bayi adalah harus siap jika bayi terbangun dan menangis di tengah malam. Untuk menghindari hal tersebut, Mama bisa mencoba cara agar bayi tidak bagun di malam hari berikut ini.

baca juga : Lakukan 6 Hal Ini Tiap Pagi, Berat Badan Turun 10 Kg Dalam Sebulan

1.Melepaskan dot dari bayi saat tidur

Dot memang dikenal menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko kematian bayi mendadak. Namun, dot juga kadang menjadi penyebab si kecil terbangun di tengah malam. Saat dot terlepas dari mulutnya, bayi akan terbangun dan menangis. Mama harus bolak-balik memperbaiki posisi dot tersebut. Untuk itu, ada baiknya Mama menyapih dot dari bayi.

2.Memutarkan lagu dengan perlahan

Suara yang terlalu bising atau gangguan dari sekitar bayi dapat menyebabkan ia terbangun di tengah malam. Untuk mengatasinya, Mama bisa memutarkan lagu dengan nada yang menenangkan. Hal ini menjadi stimulus waktu tidur yang baik bagi bayi. Saat sudah jadi rutinitas tidur, bayi akan mudah tertidur lagi saat mendengar lagu tersebut.

3.Hindari menenangkan bayi terlalu lama

Bayi yang sudah bisa merangkak atau bergerak dengan bebas akan sangat bersemangat. Bahkan, pada malam hari ia akan mengajak Mama untuk bermain. Mama perlu sedikit tegas dengan kondisi ini. Jangan datang kepada bayi dan berinteraksi dengannya. Hal ini akan membuatnya sulit tidur kembali. Mama perlu membiarkannya terlelap dalam tidurnya tanpa menenangkan dalam waktu lama.

Halaman
12
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved