Kesehatan

Hati-hati Cium Anjing, Empat Infeksi Ini Bisa Saja Terjadi

Anjing kerap menghabiskan setengah hidup mereka untuk mengendus sudut-sudut kotor atau bahkan mencium kotoran anjing itu sendiri.

Hati-hati Cium Anjing, Empat Infeksi Ini Bisa Saja Terjadi
http://www.davidwolfe.com
Hati-hati jangan mencium anjing sembarangan atau membiarkan anjing menjilati Anda. 

TRIBUNKALTIM.CO - Jika Anda pecinta hewan peliharaan yang banyak dipeliharan orang yang tersebar di dunia yakni anjing, sebaiknya Anda perlu berhati-hati jika berciuman dengan anjing.

Pasalnya ditemukan beberapa kasus akibat air liur yang menempel di wajah manusia dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit kulit yang sangat mengerikan dapat menimpa Anda.

Memang jika seekor anjing senang menciumi atau menjilati Anda merupakan tanda kasih sayang, namun Anda perlu berhati-hati agar terhindar dari bakteri pada anjing yang dapat menular ke Anda.

John Oxford selaku profesor virologi dan bakteriologi di Queen Mary University, London, Inggris, dan juga ahli mikrobiologi memaparkan lebih mendalam mengenai seberapa buruk bakteri yang ada di dalam moncong dan mulut anjing.

BACA JUGA: Ini Beruang Kutub Paling Sedih di Dunia, Dikurung di Akuarium Raksasa di Sebuah Pusat Perbelanjaan

Tidak peduli seberapa bersih dan segar seekor anjing, profesor ini tidak akan membiarkan anjing peliharaannya menjilat wajahnya.

"Ini bukan hanya karena alasan air liur. Anjing kerap menghabiskan setengah hidup mereka untuk mengendus sudut-sudut kotor atau bahkan mencium kotoran anjing itu sendiri. Sehingga moncong mereka dipenuhi oleh bakteri, virus dan kuman dari berbagai jenis patogen jahat," ujarnya, dikutip melalui laman Davidwolfe.com, Rabu (13/7/16).

Virus dan kuman pada moncong anjing dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit bagi kondisi kesehatan manusia. Seperti yang menimpa seorang wanita asal Inggris.

Wanita tersebut mengidap infeksi yang ditularkan oleh air liur anjing greyhound asal Italia miliknya.

Awalnya ia tidak menyadari jika terjadi sesuatu yang aneh dengan dirinya. Hingga suatu hari kondisi kesehatannya merosot, kondisi kesehatannya mengalami penurunan secara drastis.

Halaman
123
Penulis: Ayuk Fitri
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved