Pos Jaga HLSW Diduga Sengaja Dibakar

"Pelaku ada dua. Mereka ini membawa senjata api dan dua senjata tajam serta sebuah sepeda motor," tutur Purwanto.

HO_BP HLSW
Kapolres Balikpapan dan Dandim 0905 turun ke lokasi kejadian pos jaga yang terbakar dengan ditemani beberapa personel Polri dan prajurit Tentara Nasional Indonesia pada Kamis (14/7/2016). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sebuah pos penjagaan petugas patroli keamanan kawasan Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) Kota Balikpapan mengalami rusak berat akibat kebakaraan.

Dugaan sementara, pos jaga ini dibakar secara sengaja.

Upaya dalam pemeriksaan lebih lanjut, Kepala Kepolisian Resort Kota Balikpapan bersama Komandan Kodim 0905 Kota Balikpapan turun ke lokasi kejadian pada Kamis (14/7/2016) dengan ditemani beberapa personel Polri dan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Saat dikonfirmasi, Purwanto, Kepala Badan Pengelolaan Hutan Lindung Sungai Wain dan Daerah Aliran Sungai Manggar, yang ikut meninjau lokasi kebakaran itu bersama Kapolres dan Dandim 0905, menjelaskan, pembakaran pos jaga di kawasan HLSW merupakan sesuatu yang tidak diharapkan.

"Kami turun ke lapangan, meninjau, melihat secara langsung. Kepolisian akan lakukan olah tempat kejadian perkara," katanya.

Merunut peristiwa kebakaran yang diteliti, bangunan pos jaga dalam keadaan rusak terbakar pada Selasa (12/7/2016) pagi. Ini diketahui ketika para petugas pos jaga datang ke lokasi, kondisi sudah rusak terbakar.

"Awalnya ditinggal untuk operasi. Kemudian waktu kembali lagi untuk ke pos jaga, ternyata terbakar," ujarnya.

(Baca juga: Pemeliharaan Pembangkit, Listrik Berpotensi Padam Siang dan Malam)

Keberadaan pos jaga itu memiliki fungsi sentral dalam mendukung kegiatan penjagaan pelestarian kawasan HLSW. Pos jaga untuk tempat bersinggah dan sebagai basis pertahanan dalam pengawasan hutan.

Halaman
123
Penulis: Budi Susilo
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved