Berita Video

VIDEO - Meringkus Pelaku Pembalakkan Liar di Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain

Para pelaku melakukan kegiatan penebangan dan pengolahan kayu di kawasan hutan kilometer 13 Balikpapan Utara bisa berdampak

Laporan Video Journalist Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Tim gabungan melakukan razia kelestarian hutan di kawasan hutan kilometer 13, Jalan Soekarno-Hatta, Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Sabtu (2/7/2016) siang.

Tepatnya di kawasan pinggiran Hutan Lindung Sungai Wain. Tim ini terdiri dari Badan Pengelola Hutan Lindung Sungai Wain, Polres Balikpapan dan Kodim Balikpapan.

Tribunkaltim.co, ikut dalam operasi ini dan sempat merekamnya dalam video visual. Waktu itu cuaca bersahabat, sejak di area jalan beton proses memasuki ke area hutan tidak mengalami kendala berat, masuk menggunakan dua mobil double Cabin.

Para pelaku melakukan kegiatan penebangan dan pengolahan kayu di kawasan hutan kilometer 13 Balikpapan Utara bisa berdampak pada perluasan penebangan pohon hingga masuk ke kawasan Hutan Lindung Sungai Wain.

Simak berita lainnya:

VIDEO - Jembatan Ini Tetap Dilintasi Warga Meski Belum Tuntas dan Rapuh

VIDEO - Masihkah Anda Membeli Daging Sapi Impor Bila Cara Mematikannya Seperti Ini?

VIDEO - Wahana Permainan Rusak dan Berkarat Objek Wisata Gunung Putih Butuh Perhatian

Berdasarkan olah kejadian perkara, aktivitas penebangan pohon dan mengubah batang pohon menjadi papan dan balik kayu wajib memiliki Izin Pemanfaatan Kayu (IPK).

Pemanfaatan hutan yang memiliki IPK pun syaratnya atas nama perusahaan untuk kepentingan dan tujuan yang jelas, tidak boleh berdasarkan pada kepentingan individu.

Para pelaku bisa dikenakan pasal 12 di Undang-undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan, yang mengaskan menebang pohon yang tidak memiliki izin akan dikenakan hukuman.

***   Klik Juga Ikonnya

tribun fb

tribun twiter

Youtube tribun

BBM Chanel

Penulis: Budi Susilo
Editor: Martinus Wikan
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved