MotoGP

Marc Marquez Dinilai Tidak Melanggar Aturan

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez terhindar dari sanksi apapun setelah hasil pemeriksaan "pit stop" yang dilakukannya saat balapan MotoGP Jerman.

Marc Marquez Dinilai Tidak Melanggar Aturan
CRASH.NET
Marc Marquez bersiap-siap ganti motor dalam lomba GP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Minggu (17/6/2016). 

TRIBUNKALTIM.CO - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez terhindar dari sanksi apapun setelah hasil pemeriksaan "pit stop" yang dilakukannya saat balapan MotoGP Jerman dinyatakan sesuai aturan oleh IRTA.

Kemenangan yang diraihnya pun dinyatakan tetap sah.

Pit stop yang dilakukn Marquez selama balapan Jerman diperiksa IRTA. Data telemetri sepeda motor dari pebalap Spanyol itu pun diperiksa.

Berdasarkan beberapa video yang muncul di internet, salah satu dari mekanik yang membantu Marquez mengganti motornya terlihat memegang kopling, Danny Aldridge, direktur teknis IRTA meminta HRC  menyerahkan data untuk mengkonfirmasi bahwa langkah tersebut adalah legal sesuai dengan aturan yang sudah berubah.

Begitu balapan berakhir, Aldridge mengunjungi garasi HRC dan meminta telemetri dari sepeda motor yang dipakai Marquez. Pada balapan ini, Marquez meraih kemenangan keempat secara beruntun di Sachsenring di kelas MotoGP.

BACA JUGA: Kalah Ngotot, Indonesia Tergusur, Finlandia Gelar MotoGP 2018

Ini juga kemenangan ketujuh secara beruntun bagi Marquez jika ditambah satu kemenangan di kelas 125cc dan dua kemenangan di kelas Moto2.

Sempat ada kecurigaan di beberapa kalangan, berdasarkan video yang beredar di internet terlihat saat pergantian sepeda Marquez dilihat dari atas, bahwa tim sudah memasukkan gigi pada motor Honda RC213V kedua yang dipakai Marquez.

Dalam video tersebut, mekanik Jordi Castella adalah orang yang bertanggung jawab memegang sepeda dan saat Marquez akan bergabung kembali ke lintasan, dapat dilihat dalam kondisi memegang kopling.

Memegang kopling tidak ilegal, tetapi yang sempat dinilai melanggar aturan dari balapan di Jerman adalah alasan faktor keselamatan karena sudah masuk gigi saat pergantian motor.

Halaman
123
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved