Blangko KTP Elektronik Langka karena Pemohon Membludak?

Situasi seperti ini masih dianggap wajar karena belum sampai mengganggu pelayanan.

Blangko KTP Elektronik Langka karena Pemohon Membludak?
TRIBUN KALTIM / NIKO RURU
ILUSTRASI: Pendaftaran pembuatan dokumen penduduk dan catatan sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nunukan. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.Co, Rudy Firmanto

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Balikpapan, Chairil Anwar, tak membantah bahwa penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik sedang bermasalah.

"Tidak langka, hanya sedikit terhambat," katanya.

Hal ini menurutnya tak lepas dengan tingginya angka penerbitan KTP yang harus dipenuhi setiap harinya.

"Setiap hari sedikitnya ada 400 KTP kita terbitkan, sedangkan jatah Balikpapan per 4 hari antara 1.000 hingga 1.200 blanko, itu kalau lancar. Kadang suka telat pasokannya," katanya.

Selain itu ada momen-momen tertentu dimana biasanya jumlah permintaan pengurusan KTP sangat tinggi.

"Setelah Lebaran seperti ini, ribuan pendatang serbu Balikpapan. Mereka bawa surat pindah domisili, otomatis kita terbitkan KTP mereka sesuai alamat yang baru di Balikpapan. Belum lagi anak yang beranjak umur 17 tahun yang angkanya setiap tahun meningkat," ungkapnya.

Situasi seperti ini menurut Chairil masih dianggap wajar karena belum sampai mengganggu pelayanan. Dan ia tak bisa berbuat banyak selain melakukan inovasi agar masyarakat tetap terlayani dengan baik.

"Kalau ditemukan ada yang dikasih hanya kertas, itu fungsinya sama dengan KTP hanya pengganti sementara sampai blangko datang," ujarnya.

Ia menjelaskan, masalah blangko tak hanya untuk urusan KTP tetapi juga Kartu Identitas Anak (KIA). Namun sejak diwajibkan oleh pemerintah pusat, hingga saat ini blangko belum juga dikirim ke daerah.

"Benar KIA saat ini kita hentikan dulu. Awalnya inisiatif daerah terbitkan KIA setelah pusat juga melakukan hal sama. Daerah ikut pusat. Tetapi hingga saat ini ternyata blangkonya tidak juga dikirim, sehingga sementara tidak ada penerbitan KIA," tuturnya. (*)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim


Penulis: Rudy Firmanto
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved