Breaking News:

Matikan Lampu, Yuk Saksikan Keindahan Malam Langit Gelap 6 Agustus Nanti

Imbauan ini digencarkan karena pada malam itu, kita dapat melihat Galaksi Bima Saksi dengan ratusan miliar bintang membentang dari utara ke selatan.

Penulis: Ayuk Fitri | Editor: Trinilo Umardini
NET/GOOGLE
Ilustrasi - Keindahan langit di malam hari. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mulai gencar mengampanyekan terkait gagasan Taman Langit Gelap dan Kegiatan Malam Langit Gelap (Dark Sky Night).

Kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan pada 6 Agustus mendatang bertepatan pada Hari Keantariksaan.

Thomas Djamaludin Kepala LAPAN mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk mematikan semua lampu di luar ruangan termasuk lampu jalan selama satu jam, dimulai pada pukul 20.00-21.00 WIB.

"Kampanye 'Malam Langit Gelap' untuk membangun kesadaran publik pentingnya menyelamatkan kegelapan malam dari polusi cahaya yang telah menyita keindahan langit malam," ujarnya.

Imbauan ini digencarkan karena pada malam itu, kita dapat melihat Galaksi Bima Sakti dengan ratusan miliar bintang membentang dari utara ke selatan.

Baca: Terinspirasi Galaksi Antariksa, Inilah Gaun Fenomenal Cate Blanchett

Agar dapat melihat fenomena alam di langit malam bertaburan cahaya secara langsung, kita harus mematikan lampu selama satu jam saja dapat mengurangi polusi cahaya yang telah menyita keindahan langit malam.

Ketika seluruh masyarakat mengikuti ajakan ini, dapat berkesempatan untuk melihat beberapa rasi bintang yang langka dan jarang terlihat pada malam-malam biasanya.

"Kalau kita berhasil meminimalisasi polusi cahaya selama satu jam, kita bisa melihat Galaksi Bima Saksi dengan ratusan miliar bintang membentang dari utara ke selatan. Kita bisa melihat rasi Angsa (Cygnus) di langit utara dengan Segitiga Musim Panas (Summer Triangle), tiga bintang terang di sekitar rasi Angsa: Vega, Deneb, dan Altair. Di langit Selatan kita melihat rasi Layang-layang atau Salib Selatan (Crux) yang sering digunakan sebagai penunjuk arah Selatan. Hampir di atas kepala kita saksikan rasi Kalajengking (Scorpio) dengan bintang terang Antares," tulis Thomas dikutip Tribunkaltim.co, Rabu (3/8/2016) melalui laman Facebook pribadinya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved