Destinasi

Mendaki Gunung Prau, Manjakan Mata dengan Pemandangan Gumpalan Awan dan Matahari

a menambahkan, pada 17 Agustus mendatang akan ada upacara pengibaran bendera di Puncak Gunung Prau.

Mendaki Gunung Prau, Manjakan Mata dengan Pemandangan Gumpalan Awan dan Matahari
KOMPAS.com/NAZAR NURDIN
Para pemuda menikmati pemandangan dari atas Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA -- Berencana liburan saat 17 Agustus nanti? Menikmati pemandangan pegunungan dengan cara mendaki bisa menjadi pilihan liburan.

Gunung Prau di Jawa Tengah adalah salah satu yang bisa memanjakan mata pendaki. Gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl itu menawarkan panorama seperti Gunung Sindoro, Sumbing, awan-awan menggumpal, dan tentunya momen matahari terbit dan tenggelam.

Bendahara Yayasan Konservasi Gunung Prau, Paulus Nugrahajati mengatakan, pendakian Gunung Prau tetap dibuka pada libur 17 Agustus.

Ia menambahkan, pada 17 Agustus mendatang akan ada upacara pengibaran bendera di Puncak Gunung Prau.

Baca: Inspirasi, Super Mommy Hobi Mendaki Gunung Mengendong Anaknya yang Kecil

"Sementara masih sporadis, belum ada kabar siapa yang memimpin. Hanya pendakian biasa dan upacara bendera di puncak," kata Paulus dalam pesan singkat kepada KompasTravel, Rabu (3/8/2016) siang.

Kepala Urusan Komunikasi Perusahaan Perhutani KPH (Kesatuan Pemangkuan Hutan) Kedu Utara Divisi Regional Jawa Tengah, Herman Sutrisno menyarankan bagi para pendaki yang ingin mendaki Gunung Prau untuk tetap mengutamakan keselamatan. Terlebih cuaca di Gunung Prau, lanjutnya, cukup ekstrem dibandingkan bulan selanjutnya.

"Karena ini akhir-akhirnya lebih dingin. Persiapan fisik perlu diperhatikan, alat-alat pendakian yang lengkap. Karena kan di atas Gunung Prau kan gak boleh bikin api unggun dan selalu koordinasi dengan base camp ketika ingin mendaki," kata Herman saat dihubungi KompasTravel, Rabu (3/8/2016).

Baca: Hampir 200 Orang Mendaki saat Gempa Mengguncang Gunung Kinabalu


KOMPAS.com/NAZAR NURDIN -- Ribuan pendaki berada di puncak Gunung Prau, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Salah satu jalur pendakian yang menjadi favorit para pendaki untuk menuju Puncak Gunung Prau adalah Patak Banteng. Kemudahan akses, fasilitas, dan rute yang tidak terlalu sulit menjadi alasan untuk mendaki melewati rute tersebut dibanding jalur lain.

Jika melewati jalur Patak Banteng, pendaki cukup menempuh jarak sekitar empat kilometer atau jika ditarik garis lurus hanya berjarak 600 meter. Pendaki di Gunung Prau, dapat langsung tiba di area Puncak Gunung Prau dibandingkan jalur lain.

Adapun jalur-jalur pendakian Gunung Prau lain seperti jalur Dusun Wates, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung; jalur Dusun Kenjuran, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal; Jalur Dusun Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo; Jalur Dusun Kalilembu, Kabupaten Wonosobo; Dusun Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo; Jalur Dusun Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.
(Wahyu Adityo Prodjo)

***

Perbarui informasi terkini, unik, dan menarik melalui medsos.

Join BBM Channel, invite PIN BBM C003408F9, Like fan page Facebook TribunKaltim.co, follow Twitter @tribunkaltim serta tonton video streaming Youtube TribunKaltim

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved